PERANCANGAN BRANDING DAN PROMOSI SWEEKEN HOMEMADE CHICKEN WINGS

Stephany Angelica, Listia Natadjaja, Rika Febriani

Abstract


Sweeken merupakan sebuah home industry yang bergerak dalam bidang pangan. Namun, potensi Sweeken tidak dapat berkembang karena tidak memiliki identitas brand yang jelas dan strategi promosi yang tidak tepat. Hal ini menyebabkan Sweeken belum cukup diketahui masyarakat dan mengalami penurunan penjualan. Perancangan ini ditujukan untuk mengatasi masalah Sweeken melalui perancangan branding dan promosi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan analisa SWOT yang kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Perancangan ini dilakukan melalui pembuatan identitas yang jelas bagi Sweeken, dimulai dari logo, kemasan, hingga penambahan alternatif produk. Promosi yang dilakukan untuk Sweeken menggunakan berbagai macam media seperti pop-up market, go-food, sosial media, dan media kreatif lainnya. Kisah nyata Mrs. Roewet dibalik resep Sweeken merupakan big idea bagi brand Sweeken yang dikemas dengan menarik melalui cerita pendek dan ilustrasi, serta diaplikasikan pada sebagian besar media. Aplikasi dari perancangan ini membuahkan hasil yang positif bagi Sweeken dan berhasil menciptakan brand-identity yang baik, serta meningkatkan brand awareness terhadap Sweeken.

Keywords


Sweeken; home industry; branding; media; kreatif

Full Text:

PDF

References


Wheeler, Alina. (2009). Designing Brand Identity: An Essential Guide for the Whole Branding Team. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Septian, D. (2016, September 15). BPS: Jumlah e-Commerce di Indonesia Capai 26,2 Juta. Diunduh Diunduh tanggal 20 Maret 2018 dari http://bisnis.liputan6.com/read/2602680/bps-jumlah-e-commerce-di-indonesia-capai-262-juta

Jefriando, M. (2016, Mei 4). Banyak yang Beralih Jadi Ibu Rumah Tangga, Jumlah Angkatan Kerja RI Turun. Diunduh tanggal 20 Maret 2018 dari https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/3203876/banyak-yang-beralih-jadi-ibu-rumah-tangga-jumlah-angkatan-kerja-ri-turun

Sam, H. (2017, November 21). Pengertian Branding. Diunduh tanggal 14 April 2018 dari http://www.dosenpendidikan.com/branding-pengertian menurut-para-ahli-fungsi-tujuan-unsur-jenis/

Okta, H. (2011, April 15) Corporate Identity. Retrieved from Diunduh tanggal 14 April 2018 dari https://www.slideshare.net/opurwandar /corporate-identity-7645197

Kasali, Rhenald. 1994. Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti

Manis, S. (2017, Juli 28). Pengertian Promosi Menurut Para Ahli. Diunduh tanggal 14 April 2018 http://www.pelajaran.co.id/2017/28/pengertian promosi-menurut-para-ahli.html

Miller, Jon, and David Muir. 2004. The Business of Brands. England: John Wiley & Sons Ltd.

Marion. (2018, Oktober 30). Branding Definition. Diunduh tanggal 14 April 2018 dari http://www.thebrandingjournal.com/2015/10/what-is-branding-definition/

Pickton, David, and Amanda Broderick. 2005. Integrated Marketing Communications. 2nd ed. England: Pearson Education Limited Minamiyama, Hiro. 2007. World Branding: Concept, Strategy, and Design. USA: Gingko Press

Sanjaya, A. (n.d.). Promosi. Diunduh tanggal 14 April 2018 dari http://www.landasanteori.com/2015/07/pengertian-promosi-tujuan-dan-bentuk.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.