PERANCANGAN DESAIN KEMASAN DAN MEDIA PROMOSI ABON IKAN ASIN UMK SAYU SEJAHTERA

Fendy Heryanto, Listia Natadjaja, Rika Febriani

Abstract


Abon ikan asin Sayu diproduksi oleh UMK Sayu Sejahtera sejak tahun 1990. Kelemahan dari produk abon ikan asin ini adalah kurangnya media promosi yang tepat, baik dari segmen pasar yang dituju dan dari desain kemasan yang dinilai kurang menarik. Padahal media promosi yang tepat akan meningkatkan brand image di mata konsumen. Untuk menemukan konsep yang tepat dilakukan metode kualitatif. Metode dalam pencarian data abon ikan Sayu dilakukan wawancara dengan pak Nanang secara langsung, kemudian dianalisa dengan menggunakan teknik SWOT untuk menemukan peluang yang bisa membedakan produk Sayu dengan produk lainnya. Konsep pada kemasan dibuat secara informatif dan praktis, selain itu dengan menggunakan foto bahan-bahan segar. Pada media promosinya dengan memberikan informasi tentang nilai gizi pada ikan, memberikan macam menu kreasi yang akan ditampilkan di sosial media, dengan ditampilkan di sosial media akan lebih mudah dicari dan dimengerti oleh masyarakat. Solusinya adalah dengan merancang desain kemasan abon ikan asin dengan menampilkan warna merah untuk menunjukkan rasa pedas, juga dari segi bentuk dan visual, serta media promosi yang efektif dan tepat dengan mempromosikan abon ikan asin Sayu ke masyarakat Surabaya dan daerah sekitar dengan baik dan jelas.

Keywords


Desain Kemasan; Media Promosi; Abon Ikan Asin; Sayu

Full Text:

PDF

References


Julianti, S. (2014). The Art of Packaging. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Klimchuk, Rosner, M., & Krasovec, S. A., (2007). Desain Kemasan Perancangan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjalan.

Trans. Bob Sabran. Jakarta : Penebit Erlangga.

Rustan, A. (2009). Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wirya, I. (1999). Kemasan yang Menjual , Menang Bersaing Melalui Kemasan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.