Perancangan Media Promosi Wisata Alam di Kabupaten Magetan

Elvina Yosefa, Listia Natadjaja, Rika Febriani

Abstract


Kabupaten Magetan merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang mempunyai banyak potensi wisata alam. Letaknya yang strategis di kaki Gunung Lawu membuat Magetan menjadi salah satu tujuan wisata favorit. Tetapi sampai sekarang, hanya Telaga Sarangan saja yang kebanyakan dikenal masyarakat, padahal masih banyak objek wisata alam lain yang tidak kalah menarik. Dengan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan
metode SWOT dapat disimpulkan Magetan mempunyai banyak potensi dan diperlukan media promosi yang menarik untuk dapat mengenalkan keberadaan objek wisata alam lain. Perancangan ini ditujukan khususnya
kepada masyarakat usia 25-45 tahun, suka tantangan, suka dengan teknologi, mempunyai pekerjaan. Mereka diharapkan tertarik mengunjungi Magetan melalui promosi yang membawakan cerita yang selalu berbeda disetiap perjalanannya bersama keluarga, teman, sehingga tidak membuat bosan karena selalu dengan suasana baru. Media-medianya meliputi iklan di radio, media sosial (instagram & facebook), Ads, X-Banner, Buku Katalog, Leaflet. Dengan perancangan media promosi ini, diharapkan Objek Wisata Alam di Kabupaten Magetan dapat dikenal masyarakat dan memperkuat positioning sehingga dapat menaikkan pendapatan daerah.

Keywords


Perancangan; Media; Promosi; Wisata; Alam; Magetan

Full Text:

PDF

References


Sudayat, R. I. (2012). Pengertian Promosi. Pengertian Promosi, 1.

Soemirat, S. & Ardianto, E. (2010). Dasar-Dasar Public Relations. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Ries, A & Trout, J. (1987). Positioning ; The Battle for Your Mind. Singapore: McGraw-Hill.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Ahmadi, A. (2010). Pengertian Desain. Diunduh dari 8 Maret 2018 dari https://asyraafahmadi.com/2010/06/07/peng ertiandesain/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.