Perancangan Buku Interaktif Pembelajaran Pengembangan Karakter Pada Generasi Alfa

Marrisa Indrayana(1*), Hendro Aryanto(2), Aniendya Christianna(3),


(1) DKV UK PETRA
(2) DKV UK PETRA
(3) DKV UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Generasi Alfa merupakan generasi yang lahir dengan dikelilingi kemajuan teknologi. Akan sangat fatal jika tidak diimbangi dengan penanaman karakter sejak usia dini, karena dapat mengakibatkan pertumbuhan individualis pada anak serta pertumbuhan motoris dan emosional yang tidak maksimal. Penanaman karakter ini harus dimulai dari orang tua kepada anaknya melalui pendampingan serta pembiasaan yang diulang-ulang supaya terbangun hubungan antara orang tua dan anak. Dalam perancangan ini dilakukan berbagai upaya menggunakan metode deskriptif kualitatif. Disamping menelaah buku-buku psikologi juga berkonsultasi dengan ahli pendidikan dan target yang sesuai. Upaya yang dilakukan untuk perancangan ini menghasilkan sebuah buku interaktif berjudul “Piknik Terindahku” yang membantu menciptakan hubungan berkualitas anak dan orang tua sekaligus menanamkan karakter pada anak.


Keywords


buku interaktif, generasi alfa, pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (2013). Proyeksi Penduduk Indonesia 2010- 2035. Jakarta: Bappenas.

Badan Pusat Statistik. (2012). Penduduk Indonesia Menurut Provinsi Tahun 1971, 1980, 1990, 1995, 2000, dan 2010. Jakarta: BPS.

Dancow WWW user survey. (2017, February 18). Siapakah Anak Generasi Alpha yang sebenarnya?, Retrieved from https://www.dancow.co.id/dpc/content/view/siapakah-anak-generasi-alfa-yang-sebenarnya.html.

Direktorat Pembinaan SMA. 2017. Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajran. Jakarta : Ditjen. Dikdasmen, Kemdikbud.

Hidayati, Nia. (2011). Menelusuri Sejarah Buku. Retrieved from February 27, 2018, from http://www.niahidayati.net/menelusuri-sejarah-buku.html

Indonesia. Kementrian Keuangan Republik Indonesia. (2016). Bonus Demogradi, Peluang Indonesia Percepat Pembangunan Ekonomi. Retrieved March 29 , 2018, from https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/bonus-demografi-peluang-indonesia-percepat-pembangunan-ekonomi/

Manullang, Belferik. (2013). “Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045”, Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun III, No. 1, Pebruari 2013. pp. 1-14.

McCrindle, M. (2011). The ABC of XYZ. Australia: UNSW Press.

Mumammad Nuh. (2012). “Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2012”. Jakarta: Rabu 2 Mei 2012.

Proyeksi Penduduk Indonesia 2010-2035. (2013). Jakarta: Badan Pusat Statistik

Riana, Merry. (December 17). 21st century skills. Retrieved from March 5, 2018, from https://merryriana.com/article/21st-century-skill/

Suhargo, Susan, n.d. Recap : Nurturing 21st century learners, Retrieved February 1, 2018, from http://clapham.co.id/recap-nurturing-21st-century-learners/

Suparlan, (2016). Pilar-Pilar Nilai Pendidikan Kepribadian Menurut Puskur Kemendikbud. Retrieved February 27, 2017, from http://masdik.com/1480/artikel/pilar-pilar-nilai-pendidikan-karakter-menurut-puskur-kemendikbud

Triyono. (2016, October 5). Menyiapkan generasi emas 2045. Paper presented at the meeting of the Seminar Nasional Alfa-VI, Unwidha, Klaten

Warsito, Raharjo Jati. (2015). “Bonus Demografi Sebagai Mesin Pertumbuhan Ekonomi: Jendela Peluang atau Jendela Bencana di Indonesia”, dalam Populasi. Vol. 26, No. 1. 2015. pp. 1-19

Wok, Saodah., Ismail, Narimah & Hussain, Moh. Yusof. (2006). Teori-Teori Komunikasi. Kuala Lumpur: PTS Professional Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.