PERANCANGAN REBRANDING DAN PROMOSI UKM RAJUT FLAMBOYAN

Mailani Carolina Wirawan(1*), Listia Natadjaja(2), Rika Febriani(3),


(1) DKV UK PETRA
(2) DKV UK PETRA
(3) DKV UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


UKM Rajut Flamboyan berdiri sejak tahun 2011. Meski terbilang baru, UKM Rajut Flamboyan ini mampu menghasilkan produk rajut yang hasilnya bahkan tidak kalah dengan pesaing (rapi, halus dan detail). Akan tetapi, karena hanya mengikuti keinginan pembeli, tidak mengetahui tentang pentingnya brand dan fokus hardselling (mouth to mouth) membuat kesulitan dalam bersaing. Oleh karena itu, dibutuhkan perubahan internal (produk, brand, strategi pemasaran, dan komunikasi) melalui pendalaman mengenai brand UKM Rajut Flamboyan. Strategi rebranding yang dirancang berupa perubahan konsep strategi brand hingga pada visualnya, adanya perubahan pemasaran yang membuat adanya pelatihan, yang terakhir cara promosi serta pesan yang hendak disampaikan. Dampak yang diharapkan agar brand UKM Rajut Flamboyan dapat dikenal di masyarakat (meningkatkan awareness), memiliki arahan brand yang jelas serta konsisten, memiliki konsep pemasaran baru (buy now, custom-made, dan made by you), dan memiliki media promosi selain mouth to mouth.

Keywords


Rebranding; Promosi; Usaha Kecil Menengah; Rajut; Corporate Identity

Full Text:

PDF

References


Kasilo, D. (2008). Komunikasi Cinta: Menembus GSpot Konsumen Indonesia. Jakarta: PT Gramedia

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management : Building Measuring and Managing Brand Equity (4th ed.). Boston: Pearson.

Kotler, P. (1992). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan dan Pengendalian Jilid 1. Edisi 5. (Jaka Wasana, Trans.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2014). Principle of Marketing (15th ed.). New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Lomax, W., & Mador, M. (2006, April). Corporate Re-branding: from Normative Models to Knowledge Management. Brand Management,

vol. 14, p. 82-95.

Mazwahid. (2012, January). Mengapa harus Branding?. Market.co.id. Retrieved March 11, 2018, from : https://marketing.co.id/mengapaharus-

rebranding/

Merrilees, B., & Miller, D. (2008). Principles of Corporate Rebranding. European Journal of Marketing, 42 (5/6), p. 537-552.

Muzellec, L., Manus D., & Lambkin, M. C. (2003). Corporate Rebranding – An Exploratory Review. Irish Marketing Review, 16 (2), p. 31- 40.

Mutmainah, D. A. (2016, November). Kontribusi UMKM Terhadap PDB Tembus Lebih Dari 60 Persen. CNN Indonesia. Retrieved October 10,

, from https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/2016 1121122525-92-174080/kontribusi-umkmterhadap-pdb-tembus-lebih-dari-60-persen/

Sudarwati, R. (2017, 10 6). UKM Rajut Flamboyan. (M. C Wirawan, Interviewer)

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.