Perancangan Media Komunikasi Visual Destination Branding Kampung Lawas Maspati Kota Surabaya

Johanna Angelia Christian(1*), Petrus Gogor Bangsa(2), Mendy Hosana Malkisedek(3),


(1) DKV UK PETRA
(2) DKV UK PETRA
(3) DKV UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Kampung Lawas Maspati merupakan kampung tua di Surabaya yang masih merawat bangunan tua dan bersejarah di kampungnya. Kampung ini juga menawarkan jasa wisata yang dibagi dalam beberapa jenis paket wisata. Wisata Kampung Lawas Maspati menarik wisatawan asing dan wisatawan luar kota Surabaya untuk berkunjung, namun masih belum banyak warga Surabaya sendiri yang mengetahui wisata ini. Sebagai wisata kampung tua yang bersejarah, Kampung Lawas Maspati perlu untuk dikembangkan dan dikenalkan agar dapat dilestarikan dan dihargai oleh warga Surabaya. Dengan latar belakang tersebut, destination branding akan membantu membangun citra yang dapat meningkatkan brand awareness wisatawan Surabaya akan wisata Kampung Lawas Maspati. Strategi Branding yang dirancang, dikomunikasikan melalui media komunikasi visual dan didukung oleh kegiatan promosi.


Keywords


Destination branding, wisata kampung Surabaya, Kampung Lawas Maspati

Full Text:

PDF

References


Kasali, R. (2007). Manajemen periklanan: Konsep dan aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kasilo, D. (2008). Komunikasi cinta. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia

Kotler, P. (2008). Manajemen pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Indeks

Morgan, N., Prithard, A., Pride, R. (2004). Branding: Creating the unique destination proposition. Second edition. London: Elsevier Butterworth-Heinemann.

Morissan (2010). Periklanan: Komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Situmorang, S. H. (2008). Destination brand: Membangun keunggulan bersaing daerah. Wahana Hijau Jurnal Perencanaan & Pengembangan Wilayah, 4(2), 84.

Tyrza, A. (2010). Perancangan destination branding untuk Kampoeng Batik Jetis kabupaten Sidoarjo. Unpublished undergraduate thesis,Universitas Kristen Petra, Surabaya..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.