Perancangan Komik Digital Tentang Pahlawan Masa Kini Bagi Remaja Usia 12-14 Tahun

Alicia Christy, Prayanto Widyo Harsanto, Rebecca Milka Natalia B.

Abstract


Pada masa kini, makna pahlawan telah mengalami pergeseran. Seorang pahlawan tidak lagi harus mengangkat senjata dan melawan penjajah seperti pada masa perjuangan. Semua orang bisa menjadi pahlawan, berawal dari rasa peduli terhadap sesama dan sikap mau menolong tanpa pamrih. Kepahlawanan ini perlu untuk dimaknai kembali oleh masyarakat, sehingga kebanggaan Indonesia, terutama Kota Surabaya sebagai kota pahlawan tidak terlupakan begitu saja. Oleh karena itu komik digital ini dirancang untuk menyampaikan pandangan mengenai pahlawan di masa kini, sekaligus mengajak remaja usia 12 sampai 14 tahun untuk memaknai kembali kepahlawanan di masa kini dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


komik; digital; pahlawan

Full Text:

PDF

References


Apakah Webtoon Challenge Itu?. (August 28, 2015). Retrieved April 13, 2018, from https://help.naver.com/support/contents/contents.nhn?serviceNo=10541&categoryNo=12291

Apakah Webtoon Saya Menjadi Miliki LINE Webtoon? (26 August, 2015). Retrieved April 13, 2018, from https://help.naver.com/support/contents/contents.nhn?serviceNo=10541&categoryNo=12298

Bentuk Rupa Jenis-Jenis Komik. (March 27, 2007). Retrieved April 13, 2018, from http://www.jagoancomic.com/tulisan_tutorial_jenis_rupa_komik.html

Chandra, C. J. (2016). Perancangan buku ilustrasi dengan teknik aquarelle sebagai upaya mengenalkan tokoh pahlawan 10 November kepada siswa SMP di Surabaya. Unpublished undergraduate thesis, Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya.

Doyle, M.E. (2003). Teknik Pembuatan Gambar Berwarna: Keterampilan dan teknik menggambar desain untuk arsitek, arsitek lansekap, dan desainer interior (Ed. 2). Jakarta: Erlangga

Ermawati, F. (2004). Perancangan komik untuk menanamkan kesadaran nilai sejarah pada bangunan cagar budaya di Surabaya sebagai Kota Pahlawan. (TA No. 279/DKV/2004). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra Surabaya.

Faizal, A. (November 10, 2016). Risma: Pahlawan Masa Kini Bukan Lagi Tembak-tembakan. KOMPAS.com. Retrieved February, 6th, from http://regional.kompas.com/read/2016/11/10/13351651/risma.pahlawan.masa.kini.bukan.lagi.tembak-tembakan

Gunarsa, S.D. (1991). Psikologi Praktis: Anak, Remaja, dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hoddinott, B. & Combs, J. (n.d.). How to Identify Common Drawing Styles. Retrieved from http://www.dummies.com/art-center/performing-arts/drawing/how-to-identify-common-drawing-styles/

ImagineFX Manga: The Ultimate Guide of Mastering Digital Painting Techniques. (2011). London: Collins & Brown.

KBBI Daring. (2016). Kepahlawanan. Retrieved February, 1st, 2018, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kepahlawanan

KBBI Daring. (2016). Komik. Retrieved February, 1st, 2018, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/komik

KBBI Daring. (2016). Pahlawan. Retrieved February, 1st, 2018, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pahlawan

Kukkonen, K. (2013). Studying Comics and Graphic Novels. West Sussex, UK: John Wiley & Sons, Ltd.

Makmun, A.S. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Masdiono, T. (2001). 14 Jurus Membuat Komik. Jakarta: CREATIV MEDIA.

Masdiono, T., Okky. (2007). Cergam a.k.a. Komik. Concept vol. 04 edisi 20’, 20-25

Morris, T. & Morris, M. (Eds.). (2012). Superheroes and Philosophy. Chicago: Carus Publishing Company.

Oyasujiwo. (2007). Geliat Cergam Generasi Baru. Concept vol. 04 edisi 20’, 26-29

Powell, M. (1963). The Psychology of Adolescence. United States of America: Bobbs-Merrill Company, Inc.

Purwanto, S. (2016). Perancangan komik fantasy “Ngalam Oreh” sebagai langkah awal untuk mempopulerkan karakter superhero bertema budaya Malang. (TA No. 00022864/DKV/2016). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra Surabaya.

Rahardian, Beng. (2007). Comic. Concept vol. 04 edisi 20’, 18

Rahma, B. (2017, June). LINE Webtoon Challenge. Paper Presented at the LINE Creators Roadshow, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Rodriguez, A. (August 27, 2012). Composition 101-Laying Out Your Comic Page. Retrieved from http://webcomicalliance.com/featured-news/composition-101-laying-out-your-comic-page/

Santrock, J.W. (2003). Adolescent: Perkembangan Remaja Ed. 6. Jakarta: Erlangga

Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Soekanto, S. (1983). Kamus Sosiologi. Jakarta: CV. Rajawali.

Withrow, S. , John, B. (2005). Webcomic: Tools and Techniques for Digital Cartooning. United Kingdom: ILEX.

Zagrobelna, M. (August 1, 2014). Realism, Photorealism, and Style in Drawing. Retrieved from https://design.tutsplus.com/articles/realism-photorealism-and-style-in-drawing--cms-21630


Refbacks

  • There are currently no refbacks.