PERANCANGAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF MENGENAI KEHIDUPAN J.R.R. TOLKIEN SEBAGAI TOKOH INSPIRATIF UNTUK REMAJA 12-15 TAHUN

Linda Halingkar(1*), IGN Ardana, M.Erg(2), Cons. Tri Handoko, S.Sn., M.Hum(3),


(1) LPPM UK Petra
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Remaja usia 12-15 tahun sedang berada dalam masa pencarian identitas sehingga membutuhkan role-model yang memberi nilai-nilai positif. J.R.R. Tolkien adalah tokoh fiksi fantasi dunia yang berprestasi serta memiliki nilai-nilai positif dalam kehidupannya seperti cinta lingkungan, tidak mudah menyerah, dan menggabungkan iman dan ilmu pengetahuan serta kreativitas. Oleh karena itu J.R.R. Tolkien layak diangkat sebagai role-model untuk remaja usia 12-15 tahun. Remaja dewasa ini lebih menyukai perangkat elektronik dibanding buku biasa, maka biografi Tolkien dihadirkan dalam bentuk buku digital interaktif. Judul buku digital interaktif yang dirancang adalah “Kisah Pohon Legenda” diambil dari cerpen Leaf by Niggle oleh Tolkien sendiri. Kisah yang diangkat adalah kehidupan J.R.R. Tolkien sejak lahir hingga meninggal. Buku digital interaktif ini berupa cerita bergambar dengan tampilan menyerupai game. Adapun unsur interaktif dihadirkan dalam bentuk percabangan cerita dan penjelajahan layar. Format akhir buku digital interaktif ini adalah file .exe. Media pendukung untuk promosi adalah iklan web, poster, dan website.


Keywords


tolkien; e-book; perancangan; remaja; fantasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.