Perancangan fotografi fashion sebagai media publikasi Kain Sasirangan khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Grace Kezia Harsono Tirtha(1*), Hartono Karnadi(2), Luri Renaningtyas(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu kerajinan yang menonjol dari budaya masyarakat Kalimantan Selatan adalah  sasirangan, yaitu kain tradisional khas  Banjarmasin.

Disatu sisi kain kain Sasirangan merupakan kerajinan rakyat dan mendukung perekonomian masyarakat Banjar. Di sisi lain kain sasirangan baru dikenal sebatas masyarakat Kalimantan saja. Padahal, keunikan motif dan warna kain sasirangan memiliki potensi yang baik untuk diperkenalkan kepada masyarakat di luar Kalimantan Selatan.

Salah satu media yang dapat menyampaikan pesan secara menarik antara lain fotografi. Dalam konteks kain sasirangan, perancangan fotografi fashion dinilai lebih tepat, karena dengan keunggulan teknik fotografi fashion dapat menyampaikan keindahan dan keunikan motif serta warna kain sasirangan tersebut.

 


Keywords


Fotografi Fashion; Fashion; Kain Sasirangan khas Banjar

Full Text:

PDF

References


Adat istiadat daerah Kalimantan Selatan. (1982). Jakarta: Departemen pendidikan

dan kebudayaan proyek inventarisasi dan dokumentasi kebudayaan daerah.

The Incredible Story Of Fashion Photography Worth Knowing.(n.d) Retrieved from https://photografeed.com/fashion_photography

Indonesia kaya (n.d) . Kain Sasirangan. Retrieved from https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/kain-sasirangan

Nugroho, R. Amien. (2006). Kamus fotografi. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Ruslan,Rosandy. (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation. Depok:Rajawali pers

Syamsiar, Seman. (2017). Sasirangan Kain Khas Banjar. Banjarmasin: Lembaga Pengkajian dan Pelesatarian Budaya Banjar Kalimantan Selatan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.