Perancangan Concept Art Animasi 3D Sebagai Upaya Pencegahan Penggusuran Hutan Adat Dayak Melalui Sosok Panglima Burung

Sheilavia Nadela(1*), Arief Agung Suwasono(2), Jacky Cahyadi(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


 

Kurangnya pengembangan konten IP yang ada di Indonesia membuat perancangan ini mengangkat isu yang masih beredar luas di masyarakat Indonesia, salah satunya sengketa Hutan Adat Dayak dengan pihak-pihak tidak berwenang.  Dengan mengangkat isu tersebut, maka dipilihlah karakter Panglima Burung sebagai sosok figur yang dihormati dari suku Dayak. Bersama tokoh utama anak-anak, diharapkan ide film ini mampu menjadi langkah awal untuk mengedukasi anak-anak tentang hutan adat dan ekosistemnya dari usia dini. Perancangan concept art ini dibuat agar dapat digunakan sebagai proses pembuatan film animasi 3 dimensi.


Keywords


Concept art, desain karakter, superhero Indonesia, Dayak, animasi, semi-realis

Full Text:

PDF

References


Enlightening Open Mind Generations. (September 2016). An1magine: vol. 1 No. 7. (vol.1, Trans.) Tangerang: An1magine.

Ardiyansah. (2010, April 14). Agenda: 12 Prinsip Animasi. Retrieved from https://dkv.binus.ac.id/2010/04/14/12-prinsip-animasi/

Arumingtyas, L. (2018, februari 11). Hutan: Percepat Pengakuan Hutan Adat, Pemerintah Daerah Harus Proaktif. Retrieved from Mongabay Situs Berita Lingkungan: https://www.mongabay.co.id/2018/02/11/percepat-pengakuan-hutan-adat-pemerintah-daerah-harus-proaktif/

Arumingtyas, L. (2018). Percepat Pengakuan Hutan Adat, Pemerintah Daerah Harus Proaktif. Retrieved from Mongabay Situs Berita Lingkungan : http://www.mongabay.co.id/2018/02/11/percepat-pengakuan-hutan-adat-pemerintah-daerah-harus-proaktif/

Bekraf.go.id. (2018, Januari 26). Siaran Pers Bekraf. Retrieved from Bekraf Badan Ekonomi Kreatif Indonesia: http://www.bekraf.go.id/berita/page/10/k-content-expo-2017-bekraf-siap-kenalkan-potensi-industri-kreatif-indonesia-pada-pasar-korea

Binanto, I. (2010). Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Cathrin Arenz, M. H. (2014, November 17). Continuity under Change in Dayak Societies. Springer VS. Retrieved from Sindo News Website.

Concept Art World. (n.d.). Call of Duty: Black Ops III Marketing Art by Karakter

Design Studio. Retrieved February 9, 2016, from htttp://www.conceptartworld.com/?p=42115

Davis, K. D. (2015). Film Studies: A Global Introduction. Oxon: Routledge.

Dr. Budi Suryadi, M. (2015, September 20). Filosofi Burung Enggang.

Retrieved from Universitas Lambung Mangkurat: https://ulm.ac.id/id/2015/09/20/filosofi-burung-enggang-oleh-dr-budi-suryadi-m-si/

Gumelar, M. S. (2016). An1magine: Volume 1 Nomor 6. Tangerang: An1magine.

Karokaro, A. S., & Syahni, D. (2016, Desember 23). Catatan Akhir Tahun: Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Adat, Masih Banyak Janji, Realisasi Minim. Retrieved from Mongabay Situs Berita Lingkungan: https://www.mongabay.co.id/2016/12/23/catatan-akhir-tahun-pengakuan-dan-perlindungan-masyarakat-adat-masih-banyak-janji-realisasi-minim/

Paino, C. (2015, Maret 9). Ketika Dayak Punan Siapkan “Senjata” Melawan

Penghancuran Hutan Adat. Retrieved from Mongabay Situs Berita Lingkungan: http://www.mongabay.co.id/2015/03/09/ketika-dayak-punan-siapkan-senjata-melawan-penghancuran-hutan-adat/

Pickthall, J. (2012, November 06). Just What is Concept Art?. Retrieved

February 03, 2016, from http://www.creativebloq.com/career/what-concept-art-11121155/

Suyana, M. T. (2016). Animation Pipeline Production. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

The Nature Conservancy. (2015). Sekolah di Atas Bukit. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yovanda. (2017, November 3). Sampai Kapan Pun, Masyarakat Punan Adiu Akan Mempertahankan Hutan Adatnya. Retrieved from Mongabay, Situs Berita Lingkungan: http://www.mongabay.co.id/2017/11/03/sampai-kapan-pun-masyarakat-punan-adiu-akan-mempertahankan-hutan-adatnya/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.