Perancangan Media Pembelajaran Animasi Bahasa Isyarat untuk Anak Disabilitas Tuna Rungu Usia 5-8 Tahun

Irva Sectio Caesaria Satyani, Arief Agung Suwasono, Jacky Cahyadi

Abstract


Proses pembelajaran akan berlangsung dengan efektif apabila didukung dengan berbagai perencanaan, termasuk pemilihan dan pemanfaatan media pembelajaran. Media pembelajaran digunakan untuk membantu proses pemahaman dan penyampaian informasi. Pemilihan media yang tepat dapat mempengaruhi keberhasilan belajar anak. Media visual animasi dinilai lebih menarik dan efektif untuk anak tuna rugu karena memiliki warna dan gambar yang bergerak, serta indra utama yang digunakan adalah visual. Dengan adanya media pembelajaran animasi, anak tuna rungu lebih mudah memahami dan dapat melakukan pembelajaran bahasa isyarat secara mandiri


Keywords


animasi, bahasa isyarat, tuna rungu

Full Text:

PDF

References


Budiyanto, (2009) Modul Guru Pendidikan Luar Biasa. Surabaya: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Surabaya.

Prakosa, G. (2010, Agustus) Animasi Pengetahuan Dasar Film Animasi Indonesia. Jakarta: FFTV IKJ Press & Yayasan Seni Visual Indonesia.

Wasita, A. (2012) Seluk-beluk tunarungu dan wicara serta strategi pembelajaranya. Jogjakarta: JAVALITERA.

Jamal, M.A. (2009). Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Bangunantapan Jogjakarta: DIVA Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.