Perancangan board game pembelajaran bagi perkembangan karakter anak usia 4-6 tahun

Monica Claudia Chiong(1*), Cokorda Alit Artawan(2), Anang Tri Wahyudi(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Bermain merupakan salah satu sarana anak-anak belajar, dan di zaman modern ini, anak-anak cenderung lebih sering bermain dengan gadget-nya masing-masing, sehingga dapat menurunkan tingkat komunikasi anak dengan orangtua terutama dengan orang lain. Board game ini didesain agar dapat dimainkan bersama untuk membantu meningkatkan intensitas komunikasi anak dengan orangtua dan sesama.

Penelitian dilakukan dengan metode wawancara dan pengisian questionnaire untuk mengetahui tingkat komunikasi dan hubungan anak dengan orangtua dan sesama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak zaman sekarang cenderung lebih sering bermain gadget-nya masing-masing dibandingkan bermain bersama orangtua atau saudaranya.


Keywords


Board Game, Karakter, Anak, Komunikasi, Media Interaktif

Full Text:

PDF

References


Adams, E. (2014). Fundamentals of Game Design. United States of America: New Riders

Attia, P. (2016). The Full History of Board Games. Retrieved March 17, 2018 from https://medium.com/swlh/the-full-history-of-board-games-5e622811ce89

Bell, R. C. (2008). Discovering Old Board Game. UK: Shire Publication

Hinebaugh, J. P. (2009). A Board Game Education. United States of America: Rowman & Littlefield Education

Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press

Purwaganda, F. J. (2017). Sejarah Board Game. Retrieved March 17, 2018 from https://www.fhm.co.id/content/article/2833/5/2017/Sejarah-Board-Games

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Wright, H. N. (2010). Cara Bicara Orangtua yang Didengarkan Anak: Terhubung dengan Anak Anda Sejak Usia Balita sampai Remaja. Yogyakarta: Gloria Graffa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.