PERANCANGAN BRANDING “PETIK” SEBAGAI PERHIASAN PERAK DENGAN MOTIF BATIK KHAS TEGAL

Jovita Linggo, Elisabeth Christine Yuwono, Bambang Mardiono Soewito

Abstract


PETIK adalah sebuah usaha kecil di Surabaya yang membuat perhiasan logam perak dengan kadar 925. Koleksi PETIK adalah ornamen yang diadopsi dari motif batik Indonesia. Salah satu koleksi PETIK terinspirasi dari batik khas Kota Tegal, Jawa Tengah yang pernah terancam punah. Selama ini, PETIK belum mempunyai identitas yang jelas dan strategi promosi yang tepat. Perancangan branding PETIK ini bertujuan untuk membentuk strategi kreatif branding  PETIK sebagai perhiasan perak dengan motif batik khas Tegal untuk membangun brand awareness dikalangan  generasi muda. Dalam pembuatan perancangan ini, dilakukan penelitian  menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mencari data mengenai batik Tegal dan selera bentuk desain sesuai target audience. Perancangan ini mencakup pembentukan identitas usaha melalui logo, perancangan media promosi, packaging, serta strategi promosi efektif yang disesuaikan  dengan target sasaran yang dituju.


Keywords


PETIK, branding, perancangan

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. Managing Brand Equity. New York: The Free Press, 1991. Building Strong Brands. New York: The Free Press, 1996.

Jenni. (2012). Brand and Branding?. Diunduh 5 April 2014 dari http://jennimahasiswaupnyk.wordpress.com/2012/04/27/brand-and-branding/

Kasali, Rhenald. (2000) Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Keller, Kevin Lane. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall.

Pengertian, ciri, dan sifat Perak. perhiasan-perak.com. 30 April 2017. Diunduh 13 Maret 2018 dari http://www.perhiasan-perak.com/Article/Pengertian-Ciri-dan-Sifat Perak.html

Wiryawan, Mendiola Budi. (2008). Kamus Brand A- Z. Jakarta: Red & White Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.