Perancangan Board Game Mengenai Sistem Golongan Darah Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa SMP Di Surabaya

Lidyana Shia Dewi(1*), Aristarchus Pranayama Kuntjara(2), Ryan Pratama Sutanto(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Seorang guru memiliki kewajiban untuk menyampaikan materi dengan baik, dan memastikan apa yang sudah disampaikan dapat diterima oleh siswa-siswanya. Dalam proses belajar mengajar, hal yang menjadi masalah bagi guru adalah tidak semua materi pembelajaran memiliki alat peraga yang dapat dijadikan sebagai contoh, atau sebagai pemicu ketertarikan dan konsentrasi siswa terhadap materi tersebut, dan juga adanya keterbatasan guru dalam menyampaikan materi tersebut. Akibatnya, siswa cenderung bosan, dan tidak konsentrasi. Sehingga apa yang disampaikan oleh guru, tidak dapat diterima oleh siswa. Sehingga dibutuhkan sebuah media pembelajaran berupa board game yang menyenangkan sekaligus membantu guru dalam menyampaikan materi.

Keywords


Board game, golongan darah, SMP, media edukatif (cetak)

Full Text:

PDF

References


David. (2018, Maret 23). Wawancara mengenai boardgame dan Tabletoys. (L. shia, Interviewer)

Gobet, de Voogt, Retschitzki. (2004). Moves in Mind: The Psychology of Board Games. New York: Psychology Press.

Health, Detik. (2010, Juli). Otak Lebih Suka Gambar dan Warna. Detikhealth. 1(1), 1. Retrived March 6, 2018, from https://health.detik.com/beritadetikhealth/d-1404800/otak-lebih-suka-gambar-danwarna.

Hidayat, Aziz Alimul. (2007). Siapa Bilang Anak Sehat Pasti Cerdas: 6 Kunci Sukses Mempersiapkan Anak Tumbuh Sehat dan Cerdas. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Munadi, Yudhi. (2010). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Pivec, Maja & Koubek. A. (2004). Guidelines for Game-Based Learning. Lengerich, Germany: Pabst Sciene Publishers.

Provenzo, A.B & Provenzo, E.F. (1981). Play It Again: Historic Board Games You Can Make and Play. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Sageng, J. R. (2012). The Philosophy of Computer Games. New York, London: Springer.

Saktiyono. (2004). IPA BIOLOGI 2: SMP dan MTs untuk Kelas VIII. Jakarta: esis-Penerbit Erlangga.

Wijaya. L, Suryatin, Salirawati. (2008). IPA TERPADU 2. Jakarta: PT. Grasindo.

Windura, Sutanto. (2008). Alasan orang sering lupa karena menghafal. Jakarta: Kelompok Gramedia.

Wirawan, A. (2016, Februari). Board Games Sebagai Media Belajar. Adhicipta.com, 1(1), 1. Retrived March 7, 2018, from http://www.adhicipta.com/board-gamessebagai-media-belajar/

Wiwik, A. (2018, Januari 29). Wawancara mengenai pembelajaran materi biologi dikelas. (L. Shia, Interviewer


Refbacks

  • There are currently no refbacks.