Perancangan Kampanye “Sizter’s Project” sebagai Upaya Pencegahan Body Shaming

Brigitta Anggraeni Stevany Putri, Aristarchus Pranayama Kuntjara, Ryan Pratama Sutanto

Abstract


Body shaming merupakan kasus yang marak terjadi dalam lingkup pergaulan remaja. Sayangnya, hal ini masih dianggap biasa atau disepelekan, padahal faktanya body shaming dapat dikategorikan sebagai bentuk kekerasan verbal atau bullying. Selain itu, dampak terburuk dalam kasus body shaming adalah timbulnya rasa depresi bagi korban. Oleh karena itu, kampenye “Sizter’s Project” ini dirancang sebagai sarana komunikasi untuk memberikan edukasi mengenai body shaming sekaligus mengajak para remaja untuk tidak lagi menggunakan kekurangan fisik orang lain sebagai bahan ejekan.


Keywords


Kampanye sosial; body shaming; kekerasan verbal; remaja

References


Bebas Neue. (2010). Retreived June 1, 2018. https://www.dafont.com/bebas- neue.font

Chaplin, J.P. (2005). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : Rajawali Press.

Douglas, J. & Frances Chaput Waksler. (2002). Teori-Teori Kekerasan. Jakarta: PT. Ghalia.

Gudykunst, W.B. & B. Mody (2002). Handbook of International & Intercultural Communication. London : Sage Publication.

Iswidharmanjaya, D. & Agung, A. (2004). Satu Hari Menjadi Lebih Percaya Diri : Panduan bagi Remaja yang Masih Mencari Jati Diri. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Mazdafiah interview (2018). “Body Shaming”. Jl. Raya Kali Rungkut.

Mawar interview (2018), “Body Shaming”. Jl. Jemur Andayani 17.

Ostegaard, Leon. 2002. Effective Campaign Assesment. 2002. Thousand Oaks : Sage Publication.

Setiawati, Yunias interview. (2017). “Interview of Adolescent Psychology”. Jl. Walikota Mustajab 1.

Stevanny interview. (2018). “Interview of Inferior”. Jl. Siwalankerto 121-131.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.