Perancangan Komunikasi Visual Untuk Meningkatkan Konsumsi Ikan Laut Pada Anak Muda Di Surabaya

Maria Vincentia Putri, Ahmad Adib, Ani Wijayanti S.

Abstract


Konsumsi ikan laut sangatlah penting karena tingginya protein dan khasiat yang terkandung di dalam ikan laut tersebut. Di Surabaya, konsumsi tersebut nyatanya masih jarang karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang manfaat dari ikan laut itu sendiri. Target audience dari perancangan ini adalah anak muda atau dewasa muda. Dewasa muda di zaman sekarang mulai menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan, termasuk menjaga pola makan. Mereka yang kurang mengetahui akan manfaat dari ikan laut akhirnya mengatasi hal tersebut dengan mengkonsumsi daging ayam yang tidak direbus. Pola makan tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi ikan laut saja. Pengambilan data untuk perancangan ini menggunakan metode kualitatif dan 5W+1H. Berdasarkan data tersebut, media ini dibuat untuk memberikan edukasi kepada dewasa muda agar mereka mengetahui manfaat dari ikan laut dan mulai meningkatkan konsumsi ikan laut mereka dalam kehidupan sehari-hari. 


Keywords


Ikan laut, dewasa muda, media edukatif, media digital

Full Text:

PDF

References


Adi, Dhahana. (2014). Surabaya Punya Cerita. Yogyakarta: Indie Book Corner.

Cahyono, Bambang. (2001). Budi Daya Ikan Di Perairan Umum. Yogyakarta: Kanisius.

Dariyo, Agoes. (2004). Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta: Grasindo.

Effendy, Ferry & Makhfudli. (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Guritno, Sri & Sri Mintosih. (1997). Pengetahuan, Sikap, Kepercayaan, dan Perilaku Budaya Tradisional. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Isnaeni, Wiwi. (2006). Fisiologi Hewan. Yogyakarta: Kanisius.

Kartajaya, Hermawan. (2009). KOMPAS 100 Corporate Marketing Cases. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kusrianto, Adi. (2009). Berkarier di Dunia Grafis. Jakarta: Elex Media Komputindo.

K, M. Ghufran H. Kordi. (2008). Budi Daya Perairan Buku Kesatu. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Redaksi Health Secret. (2013). Awet Muda ala Jepang. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sari, Reni Wulan. (2008). Dangerous Junk Food. Yogyakarta: Oksigen.

Suprapti, Ir. M. Lies. (2008). Teknologi Pengolahan Pangan: Produk-produk Olahan Ikan. Yogyakarta: Kanisius.

Toruan, Phaidon L. (2012). Fat-loss not Weight-loss for Diabetes: Sakit Tapi Sehat. Jakarta: TransMedia.

The 10 Best Surabaya Restaurants 2018. (25 Februari 2018). TripAdvisor. Retrieved from https://www.tripadvisor.com/Restaurants-g297715-Surabaya_East¬_Java¬_Java¬.html.

Wahyudiyanta, Imam. (28 April 2016). Jawa Timur Pengekspor Ikan Laut Terbesar Keempat di Indonesia. Retrieved from https://news.detik.com/berita-jawa-timur/3200425/jawa-timur-pengekspor-ikan-laut-terbesar-keempat-di-indonesia.

Wulandari, Gerda & Gianto Widiyanto. (1999). Perawat Sebagai Pendidik: Prinsip-prinsip Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta: Kedokteran EGC.

Tingkat Konsumsi Ikan di Bawah rata-rata Nasional. (5 Februari 2018). Jawa Pos. Retrieved from https://www.pressreader.com/indonesia/jawa-pos/20180205/2¬8¬2¬4¬¬88¬5941¬76526.

Indonesia. (8 Februari 2018). Wikipedia Ensiklopedia Bebas. Retrieved from https://id.wikipedia.-org¬¬/wiki¬/¬Indo¬nesia.

Kota Surabaya. (28 Februari 2018). Wikipedia Ensklopedia Bebas. Retrieved from https://id.wikipedia.org¬/wiki¬/¬Ko¬ta_Surabaya.

Wiyono, Andrian Salam. (30 Juni 2015). Konsumsi Ikan Rendah, IQ Warga Indonesia di bawah negara ASEAN. Retrieved from https://www.merdeka.com/peristiwa/-konsumsi-ikan-rendah-iq-warga-indonesia-di-bawah-negara-asean.html.

Yuliastanti, Ana. (2008). Bekerja sebagai Desainer

Grafis. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.