Perancangan Media Pembelajaran Visual Novel tentang EQ untuk Mahasiswa Baru

Agustinus David(1*), Obed Bima Wicandra(2), Asthararianty -(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Perancangan ini bertujuan untuk memudahkan pembelajaran kecerdasan emosional (EQ) pada mahasiswa baru. EQ meliputi kemampuan seseorang memahami dan mengendalikan emosi dalam dirinya serta kemampuan memahami dan mempengaruhi emosi orang lain. Bukti kekurangan EQ pada mahasiswa adalah munculnya tingkat stress dan depresi berlebihan yang mengakibatkan kasus negatif seperti putus kuliah dan bunuh diri. Oleh karena itu dibutuhkan media bagi mahasiswa baru untuk melatih EQ dalam masa peralihan ini sebelum terlambat. Perancangan media pembelajaran dalam bentuk video game visual novel ditujukan untuk menarik perhatian mahasiswa baru dalam bentuk hiburan yang lebih santai. Dengan visual novel yang merupakan video game berbasis narasi, media ini cocok dalam memberikan pelatihan dalam menghadapi masalah sehari-hari yang membutuhkan EQ.

Keywords


Media Pembelajaran; Kecerdasan Emosional; Psikologi; Permainan Video

Full Text:

PDF

References


Baldauf, M., Eun, K.E., Ng, P.C., She, J. (October 2017) When Smart Devices Interact With Pervasive Screens: A Survey. ACM Transactions on Multimedia Computing, Communications, and Applications (TOMM), 13(4).

Deutschendorf, H. (22 June, 2015). Why Emotionally Intelligent People Are More Successful. Retrieved 15 October, 2017, from https://www.fastcompany.com/3047455/why-emotionally-intelligent-people-are-more-successful.

England, E. & Finney, A. (2011). Interactive Media–What’s that? Who’s Involved?. UK: ATSF White Paper

Gagne, R. M., Reiser, R.A., (1983). Selecting Media for Instruction. Journal of Instructional Development, 8(2), 6-10 .

Goleman, D. (15 November, 1995). Emotional Intelligence, why it can

matter more than IQ. New York City, New York: Bantam Books.

Goleman, D. (October, 1998). Working with Emotional Intelligence. London, United Kingdom: A&C Black.

Greydanus, D. E. (2003). Caring for Your Teenager. New York City, New York: Bantam Books.

Hasson, G. (1 December, 2014). Understanding Emotional Intelligence. Harlow, United Kingdom: Pearson Education Limited

Jensen, K. (12 April, 2012). Intelligence Is Overrated: What You Really Need To Succeed. Forbes. Retrieved 15 October, 2017, from https://www.forbes.com/sites/keldjensen/ 2012/04/12/intelligence-is-overrated-what-you-really-need-to-succeed/

Jensen, K. (14 February, 2015). Intelligence Is Overrated: What You Really Need To Succeed. Carlsbad, California, United States: Motivational Press.

Karim, A.A. (2007). Media Pembelajaran. Makassar, Indonesia: Universitas Negeri Makassar.

Klug, C. & Lebowitz, J. (1 March 2011). Interactive Storytelling for Video Games. Abingdon, England: Taylor & Francis.

Lent, J.A. (2001). Illustrating Asia: Comics, Humor Magazines, and Picture Books. Honolulu, Hawaii: University of Hawaii Press

Patton, P. (1997). EQ (Emotional Intelligence) in the Workplace. Singapore, Singapore: SNP International Publishing Pte Ltd

Sahoo, A. (23 September, 2013). What is IQ, EQ & SQ? Retrieved 15 October, 2017, from https://www.speakingtree.in/allslides/what-is-iq-eq-sq.

Takwin, B. (2008). Menjadi mahasiswa. Retrieved 21 February, 2018, from http://bagustakwin.multiply.com/journal/item/18.

The GEIT – Free Emotional Intelligence Test (n.d.). Retrieved November 20, 2017, from http://globalleadershipfoundation.com/geit/eitest.html.

Wayne State University Physician Group (2011). Normal Development: Late Adolescence. Retrieved February 3, 2018, from http://www.wsupgdocs.org/family-medicine/ WayneStateContentPage.aspx?nd=160


Refbacks

  • There are currently no refbacks.