PERANCANGAN PERMAINAN INTERAKTIF SEBAGAI PENDUKUNG OPTIMALISASI GOLDEN AGE PADA ANAK

Felicia Chandra, Andrian Dektisa Hagijanto, Bernadette Dian Arini Maer

Abstract


Perancangan tugas akhir ini bertujuan untuk mengisi aktivitas anak dengan permainan interaktif yang
dapat menstimulasi psikologis dan kemampuan motorik anak dalam usia golden age 4-6 tahun. Usia
golden age (0-8 tahun) merupakan usia yang tepat untuk menanamkan hal-hal positif pada anak, sebab
apa yang tertanam sejak masa golden age akan terbawa hingga dewasa. Stimulasi untuk anak ini
penting demi masa depan generasi agar lebih berkualitas moral dan etikanya. Perancangan berbentuk
permainan interaktif dilakukan sebagai pendekatan karena pada dasarnya kegiatan dan cara belajar
anak pada usia golden age dilakukan dengan cara bermain. Dalam permainan interaktif ini, diperlukan
interaksi antara orang tua dan anak maupun pemain lain. Permainan ini juga bertujuan menciptakan
stimulasi motorik dan kognitif bagi anak-anak usia tersebut.

Keywords


Permainan Interaktif, Golden Age, Optimalisasi Golden Age 4-6 Tahun.

Full Text:

PDF

References


Achroni, K. (2012). Mengoptimalkan Tumbuh

Kembang Anak Melalui Permainan

Tradisional. Yogyakarta: Javalitera

Alia, A.D. (2016, November). Mengenal 5

Aspek Perkembangan Anak Usia Dini, from

https://www.parentingclub.co.id/smartstories/.

mengenal-5-aspek-perkembangananak-

usia-dini

Alodokter. (2016). Cara Anak Aktif Bergerak,

from http://www.alodokter.com/mengajakanak-

aktif-bergerak

American Academy of Pediatrics. (2016).

American Academy of Pediatrics

Announces New Recommendations for

Children’s Media Use. Retrieved October

, 2016, from https://www.aap.org/enus/

about-the-aap/aap-pressroom/

pages/american-academy-ofpediatrics-

announces-newrecommendations-

for-childrens-mediause.

aspx

Clara, F.V. (2015). Introduction to Game

Analysis. New York

Clegg, B. (2006). 76 Cara Instan

Meningkatkat Kreativitas Anda. Jakarta :

Erlangga.

Baskoro, B.P. (2015). Pengembangan

Permainan Anak Dengan Konsep

Interactive Playground. Jurnal Tingkat

Sarjana Senirupa dan Desain, 2

Dream.co.id. (2018). Cahaya Layar Ponsel

Bikin Anak Jadi Lemah Ingatannya. 3

Januari 2018, from

https://www.google.co.id/amp/s/m.dream.c

o.id/amp/fresh/cahaya-layar-ponsel-bikinanak-

jadi-lemah-ingatannya-180102e.html

Gabriella, E. 2014. Manfaat Pendidikan

Keterampilan. 26 Agustus 2014, from

https://www.kompasiana.com/elizabethgab

riella/manfaat-pendidikanketerampilan_

f5f239a33311b07d8b4640

Ilmunesia. (2017). Mengenal Macam-macam

Aliran Style Desain Grafis. 7 Agustus

, from http://ilmunesia.com/mengenalmacam-

macam-aliran-style-desain-grafis/

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan.

Jakarta: Kencana Kamus Besar Bahasa

Indonesia. (1984). Jakarta: Balai Pustaka

Kamenetz, A. 2016. American Academy of

Pediatrics Lifts ‘No Screens Under 2’

Rule. 21 October 2016, from

https://www.npr.org/sections/ed/2016/10/

/498550475/american-academy-ofpediatrics-

lifts-no-screens-under-2-rule

Komarudin, A (2018). Kebiasaan dan

Perilaku Baik Yang Harus Diajarkan

Sejak Dini Pada Anak, from

http://www.solusisehatku.com/kebiasaandan-

perilaku-baik-yang-harus-diajarkansejak-

dini-pada-anak

Martin Handoko & Theo Riyanto. (2006).

permainan Penyegar Pertemuan.

Yogyakarta: Kanisius

Nieves, M. 2017. Desain dalam 60 Detik:

Font Serif vs. Sans Serif. 20 Maret 2017,

from

https://design.tutsplus.com/id/articles/des

ign-in-60-seconds-serif-vs-sans-seriffonts--

cms-28304

Nuriah, E.S. (2015, November)

Perkembangan Peserta Didik

Perkembangan Anak Usia 6 Sampai 8

Tahun. Jurnal Jurusan Bimbingan dan

Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu

Perkembangan Kognitif Melalui Permainan.

Retrieved Desember 15, 2012, from

https://uukurniawati.wordpress.com/2012

/12/15/perkembangan-kognitif-melaluipermainan/

Reza, S. (2017, Agustus). Karakteristik Anak

Usia Dini Secara Umum. Retrieved

Agustus 7, 2017, from

http://dosenpsikologi.com/karakteristikanak-

usia-dini

Rifa, A. (2012). Koleksi Games Edukatif di

Dalam dan Luar Sekolah. Yogyakarta:

Flash Books

Safitri, L. (2014, Februari). Golden Age pada

Anak Usia Dini. Retrieved Februari 28,

, from

http://dosenpsikologi.com/karakteristikanak-

usia-dini

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia

Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan

Anak. Jakarta: Kencana

Susilawati, N. ( 2016, September). 8 Manfaat

Bermain Game Interaktif Bagi Anak.

Retrieved September 28, 2016, from

http://www.buahatiku.com/8-manfaatbermain-

game-interaktif-bagi-anak/

Tahap-tahap Perkembangan Anak Usia 0-5

tahun. Retrieved Juli 25, 2017, from

http://www.hiloschool.

com/parenting/tahap-tahapperkembangan-

anak-usia-0-5-tahun/

Wibawanto, W. (2017). Desain dan

Pemrograman Multimedia Pembelajaran

Interaktif. Jember

Yunita, N.W. (2016, April). Kemendikbud:

Game ini Berbahaya bagi anak.

Retrieved April 28, 2016, from

https://news.detik.com/berita/3198716/ke

mendikbud-15-game-ini-berbahaya-bagianak


Refbacks

  • There are currently no refbacks.