Perancangan Redesain Kemasan Aneka Produk Toko Ny. Pang

Gabriela Josephin Salim(1*), Andrian Dektisa Hagijanto(2), Bernadette Dian Arini(3),


(1) Universitas Kristen Petra
(2) Universitas Kristen Petra
(3) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Toko Ny. Pang berdiri sejak tahun 1912, memproduksi dan menjual aneka produk makanan tradisional rumahan seperti dodol, wajik, krasikan, tape ketan, getuk panggang, kue moho, kue miku, kue ku, dan kue lapis. Kemasan makanan toko Ny. Pang kurang memaksimalkan faktor komunikasi pada identitas visual kemasannya. Hal itu dapat dilihat dari desain kemasan dan pengaplikasian logo yang tidak konsisten. Oleh karena itu perlu perancangan identitas visual kemasan yang mengkomunikasikan makanan produksi Toko Ny. Pang yang mempertahankan resep turun temurun. Identitas visual kemasan menggunakan ilustrasi manual yang menunjukkan proses pembuatan produk makanan. Perancangan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan kepustakaan.

Keywords


Toko Ny. Pang; Kemasan; Identitas Visual; Oleh-Oleh khas kota Muntilan

Full Text:

PDF

References


Cenadi, C. S. (Januari 2000). Peran Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. Nirmana, 2(1), 96-97. Diunduh 08 Februari 2018 dari

http://nirmana.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/16056.

Difference Between Destination Branding and Destination Marketing. (2015). Place Brand Observer. Diunduh 08 Februari 2018 dari

https://placebrandobserver.com/difference-between-destination-branding-and-destination-marketing/.

Endraswara, S. (2006). Metode, Teori, Teknik Penelitian Kebudayaan(1st ed). Sleman: Pustaka Widyatama.

Fineman, S. (2006). Emotions in Organizations (2nd ed.). London: Sage Publications.

Harminingtyas, R. (Juni 2013). Analisis FungsiKemasan Produk Melalui Model VIEW dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Rokok Kretek Dji Sam Soe di Kota Semarang. Jurnal STE Semarang, 5(2), 3-4. Diunduh 30 Maret 2018 dari https://kbbi.web.id/kemas.

Jensen, I. (04 Oktober 2017). UKM Dharmasraya Dibekali Desain Kemasan Meningkatkan Penjualan. AntaraSumbar. Diunduh 08 Februari 2018 dari from https://sumbar.antaranews.com/berita/213471/ukm-dharmasraya-dibekali-desain-kemasan-meningkatkan-penjualan.html.

Julianti,S. ( 2014). The Art of Packaging. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

__________. ( 2017). A Practical Guide to Flexible Packaging Material, Teknologi, dan Aplikasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kaihatu, T. S. (2014). Manajemen Pengemasan. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. (2016). Kemasan. Diunduh 30 Maret 2018 dari

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kemasan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2018). Perancangan. Diunduh 24 Januari 2018 dari

https://kbbi.web.id/perancangan.

Kaputa, C. (2011). You are a Brand!. (Bunga Fitra, Trans.). Jakarta: GagasMedia.

Kemasan Ciamik, Produk UKM Melejit. (31 Oktober 2014). Kompas.com. Diunduh 08 Februari 2018 dari

http://ekonomi.kompas.com/read/2014/10/31/101837826/Kemasan.Ciamik.Produk.UKM.Melejit.

Klimchuck, M. R. & Krasovec, S.A. (2007). Desain Kemasan: Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. (Bob Sabran, Trans.). Jakarta: Erlangga.

Kumar, V. (2016). 101 Metode Desain Pendekatan Terstruktur untuk Mendorong Inovasi di Organisasi Anda. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Natadjaja, L. & Yuwono, E. C. (2017). Kerarifan Lokal Kemasan Penganan Tradisional. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rochani, S. (2007). Cara Membuat Kue Serabi. Jakarta: Ganeca Exact.

Schaar, R. (2013). Destination Branding: A Snapshot. (UW-L Journal of Undergraduate Research XVI (2013)). Unpublished undergraduate research, Universtity of Wisconsin La Crosse, USA.

Suryani & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif. Jakarta: Prenamedia Group.

Waluya, B. (2007). Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat (1st ed). Bandung: PT. Setia Purna Inves.

Wirya, I. (1999). Kemasan yang Menjual. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wijaya, P. Y. (1999). Tipografi dalam Desain Komunikasi Visual. Nirmana, 1(1), 5-8. Diunduh 30 Maret 2018 dari

http://nirmana.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/16040.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan

(1st ed). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.