Perencanaan Strategi Pemasaran Content Marketing Buleleng Bali Coffee

Selvie Lokito(1*), Deddi Duto Hartanto(2), Marvin Ade Santoso(3),


(1) Universitas Kristen Petra
(2) Universitas Kristen Petra
(3) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk merencanakan strategi pemasaran content marketing Buleleng Bali Coffee. Content marketing yang dilakukan menggunakan media sosial Instagram untuk mengomunikasikan promosi dan pemasaran produk di era digital. Elemen-elemen yang ada di dalam content marketing dapat dianalisa pergerakannya melalui interaction, impressions, reach, dan engagements. Sehingga dari data yang diperoleh, proses perencanaan content marketing dapat senantiasa dievaluasi demi mencapai tujuan yang diinginkan. Metode penelitian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deduktif dengan menggunakan metode analisis data berupa SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa content marketing dan teknik bercerita (storytelling) di dalamnya menjadi salah satu cara promosi yang tepat digunakan untuk memasarkan produk-produk UMKM seperti Buleleng Bali Coffee.


Keywords


Content Marketing, Instagram, Promosi, Storytelling, Kopi

Full Text:

PDF

References


Anggraeni F.D., Hardjanto I., & Hayat A. (2015). Pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui fasilitasi pihak eksternal dan potensi internal (Studi kasus pada kelompok usaha “Emping Jagung” di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik, Vol. 1, No. 6,pp.1286-1295 (administrasipublik.studentjournal. ub.ac.id)

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Clifton, Rita, et al. (2003). Brands and branding. London: Profile Books, Ltd.

Darmawan. 6 tahap menyusun strategi content marketing yang mampu meningkatkan pengunjung dan penjualan. (2016, May 26). Pesan disampaikan dalam http://panduanim.com/content-marketing-bisnis/

Darmawan. Apa itu content marketing? (2015, September 14). Pesan disampaikan dalam http://panduanim.com/apa-itu-content-marketing/

Darmawan. Content marketing: Panduan pemula dala melakukan pemasaran konten. September 14, 2015 Pesan disampaikan dalam http://panduanim.com/ content-marketing/

Dinas Pariwisata Provinsi Bali. Analisis pasar wisatawan Nusantara. (2014, June 2). Pesan disampaikan dalam http://www.issn.lipi.go.id/issn. cgi?daftar &1401684803&3601&&2014

Kotler, P. & Armstrong, G. (2004). Dasar-dasar pemasaran, Edisi kesembilan, Jilid 1. Jakarta: Indeks

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of marketing (14th edition). New Jersey: Prentice Hall

Kotler, P. & Keller, K. L. (2012). Marketing management (14th edition). New Jersey: Pearson Education

Muftisany, Hafidz. Kopi luwak B36, menyeruput kopi luwak Bali. (2012, December 1). Pesan disampaikan dalam http://nasional.republika.co.id/berita/ nasional/ ditjen-pphp-kementerian- pertanian /12/12/04/mecu 2z-kopi-luwak-b36-menyeruput-kopi-luwak-bali

Putra, A. S., et al. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan wisatawan Nusantara berwisata belanja di Rama Krisna oleh-oleh khas Bali. Diunduh 5 Januari 2018 dalam https://ojs. unud.ac.id/index.php/pariwisata/article/ download/28234/17679/

Steimle, Josh. What is content marketing? (2014, September 19). Pesan disampaikan dalam https://www. forbes.com/sites/joshsteimle/2014/09 /19/what-is-content-marketing /#22c8a19510b9

Sugiarto, Matthew. (2018). Instagramarketing. Jakarta: PT. Pengembangan Lintas Pengetahuan

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Thundang, Maksimilianus. Fair trade coffee untuk kesejahteraan petani kopi. (2015, October 20). Pesan disampaikan dalam http://www.floresa.co/2015/10/20/ fair-trade-coffee-untuk-kesejahteraan-petani-kopi/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.