Perancangan Promosi Sinar Surabaya Jewelry

Euginia Cindy(1*), Andrian Dektisa Hagijanto(2), Bernadette Dian Arini Maer(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Sinar Surabaya Jewelry (SSJ) adalah usaha perhiasan emas dan berlian di Surabaya yang telah berdiri sejak tahun 2005 dan belum banyak diketahui masyarakat Surabaya maupun luar kota. Untuk dapat bersaing dengan kompetitor, Sinar Surabaya Jewelry memerlukan upaya promosi yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Metode analisis data menggunakan analisis SWOT dan deskriptif kualitatif, serta membutuhkan data primer (observasi, wawancara) dan data sekunder (penelitian pustaka, internet). Perancangan promosi dilakukan secara online disertai dengan pembuatan identitas visual.

Perancangan ini ditujukan kepada masyarakat Surabaya maupun luar Surabaya (usia 20-50 tahun) guna meningkatkan brand awareness pada pertukangan perhiasan lokal ini. Diferensiasi brand ini dengan kompetitor, Sinar Surabaya Jewelry ingin membangun image sebagai brand yang personal, ramah, dan mau mendengarkan cerita konsumen karena kemampuannya membuat berbagai macam perhiasan custom serta berdasarkan budget dari konsumen.


Keywords


Promosi, Sinar Surabaya Jewelry, Identitas Visual, Brand Awareness

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity. New York: The Free Press.

Bush,B. (2014). Teori Tipografi Jenis Huruf Part 1. 3 Maret 2018. https://www.dumetschool.com/blog/Teori-Tipografi-Jenis-Huruf-Part-1

E.Davies & BJ.Davies. (1993). Pemasaran Yang Sukses Dalam Sepekan. Jakarta: Megapoin

Endarwati, O. (2017). Industri Perhiasan Indonesia Tumbuh 13% di 2016. 3 Maret 2018. https://ekbis.sindonews.com/read/1181690/34/industri-perhiasan-indonesia-tumbuh-13-di-2016-1487593810

Kasali, R. (1998). Manajemen Public Relation & Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kismono, G. (2001). Pengantar Bisnis (1st ed.). Yogyakarta: BPFE.

Koentjaraningrat. (1984). Kamus Istilah Anhtropologi. Jakarta : Depdikbud.

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Penerjemah: Hendra Teguh, dkk. Jakarta: Prenhallindo.

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi : Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid 1. Edisi ke 5, Jakarta: Erlangga

Shimp, T. A. (2000). Periklanan Promosi, Jilid 1, Edisi ke 5 (N. Mahanani, Ed.). Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama

Surachman. (2008). Dasar-Dasar Manajemen Merek. Malang : Bayumedia Publishing.

Tashandra, N. (2018, Feb 13). Ingin Personal, Banyak Calon Pengantin Pilih Perhiasan Custom. Kompas Lifestyle. Retrieved Feb 23, 2018, from http://lifestyle.kompas.com/read/2018/02/13/090900920/ ingin-personal-banyak-calon-pengantin-pilih-perhiasan-custom-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.