Perancangan Identitas Visual dan Sign System Objek Wisata Ladaya Tenggarong

Livia Halim(1*), Andrian Dektisa Hagijanto(2), Bernadette Dian Arini Maer(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Ladaya atau Ladang Budaya merupakan objek wisata kontemporer yang menarik dan berpotensi menjadi destinasi pilihan wisatawan ketika berkunjung kekota Tenggarong. Potensi tersebut belum dikenal luas karena tidak didukung dengan pengelolaan identitas visual yang mampu membentuk awareness dan citra positif di mata para wisatawan. Di sisi lain penerapan sign system juga kurang diperhatikan oleh pihak Ladaya, sehingga menyulitkan wisatawan dalam berwisata. Perancangan ini menjadi solusi bagi permasalahan tersebut. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kajian pustaka. Analisis data menggunakan 5W + 1H. Konsep perancangan menonjolkan identitas Ladaya sebagai tempat wisata yang memperkenalkan alam dan budaya Kutai khas Kalimantan Timur.


Keywords


Identitas visual, sign system, objek wisata ladaya, kota tenggarong

Full Text:

PDF

References


Bayahsud, Ahmad (2015, 28 Desember). Ladaya, Lokasi Liburan Keluarga Paling

Menyenangkan. Tribunkaltim.co. Retrieved November 05, 2017 from

menyenangkan>

Clifton, Rita. (2009). Brands and Branding, The Economist. London: Profile

Books Ltd.

Follis, John and Dave Hammer. (1979). Architectural Signing and Graphics.

London: Whitney Library of Design.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. (n.d.). Objek Wisata. Retrieved February

,2018, from < http://kbbi.kata.web.id/objek-wisata/ >

Kabupaten Kutai Kertanegara. (2017). Retrieved November 11,2017 from

http://www.kutaikartanegara.com/wisata/index.php?menu=

Biro_Perjalanan

Kusrianto, Adi. (2004). Tipografi Komputer untuk Desainer Grafis. Yogyakarta:

Penerbit Andi.

Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: CV.

Andi Offset.

Maryani, Enok. (1991). Pengantar Geografi Pariwisata, Bandung: Jurusan

Pendidikan Geografi FPIPS IKIP.

Morioka, Adams & Terry Stones. (2008). Color Design Workbook: A Real-World

Guide to Using Color in Graphic Design. USA: Rockport Publishers.

Pollet, Dorothy and Peter C. Haskell. (1979). Sign System for Libraries: Solving

the Wayfinding Problem. New York & London: R.R Bowker Company

Pratama, Dhony. (2016). Ladaya – Ladang Budaya Tenggarong. Retrieved

November 05, 2017 from

tenggarong>

Rustan, Surianto. (2017). Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sawa, B. B. (2014, June 3). Teori Tipografi Jenis Huruf Part 1. dumetschool.com.

Retrieved March 11, 2018, from

Universitas Kristen Petra

Tanuatmaja, Yunita. (2014). Perancangan Branding “Marilyn’s Cake” Surabaya.

Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra Surabaya, Indonesia. Vol

, No 4, Agustus, 2014. Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Tinarbuko, Sumbo. (2012). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Wheeler, Alina. (2006). Designing Brand Identity : A Complete Guide to

Creating, Building, and Maintaining Strong Brands. New Jersey: John

Wiley & Sons, Inc.

Wheeler, Alina. (2013). Designing Brand Identity : An essential guide for the

whole branding team. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Widiartato, H. Y. (2017, November 29). Jokowi: Masyarakat Sekarang Belanja

Pengalaman, Bukan Barang. Kompas.com. Retrieved February 9, 2018,

from

/29/141613626/jokowimasyarakat-sekarang-belanja-pengalaman-bukanbarang

>


Refbacks

  • There are currently no refbacks.