PERANCANGAN PROMOSI UNTUK MENUNJANG POTENSI WISATA BAHARI KEPULAUAN KANGEAN, KABUPATEN SUMENEP, JAWA TIMUR

Maria Angelina Sutanto(1*), Bedjo Riyanto(2), Elisabeth Christine Yuwono(3),


(1) LPPM UK Petra
(2) LPPM UK Petra
(3) LPPM UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Perancangan promosi untuk menunjang potensi wisata bahari Kepulauan Kangean dibuat untuk memperkenalkan sebuah potensi wisata bahari yang dapat dibentuk menjadi daerah tujuan wisata baru dengan keindahan kekayaan alamnya kepada masyarakat luas. Latar belakangnya adalah karena Kepulauan Kangean belum banyak dikenal keberadaannya. Melalui metode kualitatif didapatkan data bahwa Kepulauan Kangean masih belum dikelola dan alami padahal Kepulauan Kangean memiliki potensi wisata yang menakjubkan dan tak kalah menarik dengan Pulau Karimunjawa yang telah dikelola menjadi obyek pariwisata. Oleh karena itu dengan promosi Kepulauan Kangean dibuat dengan menonjolkan potensi kekayaan alam yang masih alami dan tenang.  Promosi yang dibuat menggunakan media-media yang tepat dalam menyampaikan pesan sehingga diharapkan melalui perancangan promosi ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang keberadaan Kepulauan Kangean yang memiliki potensi wisata bahari yang dapat dijadikan tempat tujuan wisata di Indonesia, khususnya Jawa Timur.


Keywords


Kepulauan Kangean, Pulau Kangean, Wisata, Promosi, Media

Full Text:

PDF

References


Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif. PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Prasiasa, Dewa Putu Oka. (2013). Destinasi Pariwisata Berbasis Masyarakat. Salemba Humanika. Jakarta.

Sasmaya. (2012). Repository Ed. Universitas Pendidikan Indonesia.

Simamora, Bilson. (2001). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama,.

Chatamalah, Maman. (2008). Strategi “Public Relation” dalam Promosi Pariwisata: Studi Kasus dengan Pendekatan “Marketing Public Relations” di Provinsi Banten. Mediator 9.2, 399-400

Suryana, Asep. (2007). Tahap-tahap Penelitian Kualitatif. Mata Kuliah Analisis Data Kualitatif Universitas Pendidikan Indonesia.

Yoeti, Oka. (1982). Pemasaran Pariwisata. Bandung: Angkasa.

---. (1983). Pengantar Ilmu Pariwisata. Jakarta: Balai Pustaka.

---. (1996). Pemasaran Pariwisata. Bandung: Angkasa.

Dewi, Ike Janit. (2011). Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata. Implementasi dan ImplikasiKelembagaan Pariwisata Indonesia yang Bertanggung Jawab. Responsible Tourism Marketing. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Witt dan Mautinho. (1994). Tourism Marketing and Management Handbook, 338.

Seaton dan Benett. (1996). Marketing Tourism Products : Concepts, Issues, Cases, 363

Simamora, Bilson. (2001). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta.: PT.Gramedia Pustaka Utama, 285

Sawitri. (2010) Strategi Komunikasi Pemasaran Combi Kid Fruit and Veggie dalam Membentuk Brand Awareness Masyarakat. Skripsi Universitas Pembangunan Nasional. Veteran. Jakarta.

Guntur, Murachman dan Soemarno (2000). Konsep Pengelolaan Kawasan Konservasi Laut Selat Madura dan Sekitarnya. Jurnal Agritek, 125-134.

Sri Hartini, et al. (2003). Kajian Pulau Madura dan Kepulauan Kangean. Pusat Survey Sumber Daya Alam Laut.

Syah, Ach. Fachrudhin, Akhmad Farid. (Desember 2006). Konsep Pengembangan Wisata Bahari Kepulauan Kangean. Embryo 3. 2, 127.

Universitas Sumatera Utara. Bab II Uraian teoritis Kepariwisataan. Diunduh 8 Februari 2013 dari http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/20910/3/Chapter%20II.pdf

Ismayanti. (2010). Bab II Uraian Teoritis. Diunduh 8 Februari 2013 dari http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/26254/4/Chapter%20II.pdf

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2001). Strategi Bauran Promosi Divisi Corporate Communication Bina Nusantara Dalam Mensosialisasikan Program Cashless Society. Diunduh 15 Maret 2013 dari

http%3A%2F%2Fthesis.binus.ac.id%2Fdoc%2FBab2Doc%2F2011-2-00761-MC%2520Bab2001.doc&ei=0wfRUZ_JL8varAeVnIGgAQ&usg=AFQjCNGhBDl6Rt5bTPxe1STa-vqEDlzMnA&bvm=bv.48572450,d.bmk

Swastha, Basu. Sarjanaku.com. Diunduh 15 Maret 2013 dari http://www.sarjanaku.com/2013/04/pengertian-promosi-adalah-menurut-para.html

Darmastuti , Ismi, Pranathan Triatmojo. (2009) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intention to Recommend Kota Semarang. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi 6. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. http://Eprints.undip.ac.id/35480/1/ISMI_Darmastuti.pdf

Definisi Pariwisata Menurut Beberapa Ahli. Tabea Tamang Blog Kepariwisataan Manado-Sulut. (24 Agustus 2012). Diunduh 10 Februari 2013 dari

Analisis Data. eTraining. Diunduh 20 Januari 2013 dari http://www.tkplb.org/documents/etraining%20-%20KTI/analisisdata.pdf

BAB III Metode Penelitian. Disertasi. Diunduh 8 Februari 2013 dari http://www.pps.unud.ac.id/disertasi/pdf_thesis/unud-16-230717673-bab%20iii_desert_.pdf

Konsep Dasar Kepariwisataan. (2013) www.putusibbau.com. Diunduh 8 Februari 2013 dari < http://www.putussibau.com/berita/165-kdk.html>

, Jatim Miliki 'Wakatobi' di Kepulauan Sumenep. (04 Juli 2012). Republika. Di unduh 5 Januari 2013 dari http://www.republika.co.id/berita/nasional/nusantara-nasional/12/07/04/m6mp8x-2016-jatim-miliki-wakatobi-di-kepulauan-sumenep.

Latar Belakang Ekspedisi Perak Kangean. (2012). Planet Pelajar. Di unduh 10 Januari 2013 dari http://aldiangiovanno.wordpress.com/2012/07/03/latar-belakang-ekspedisi-perak-kangean/http://planetpelajar.com/page12403345.aspx

Trip Pulau Kangean Madura.( 2012). www.ngelancong.com.. Diunduh 5 Januari 2013 dari http://www.ngelancong.com/service/paket-wisata/trip-pulau-kangean-madura-.html

Menelusuri Daya Tarik Pulau Kangean. ( 2007). Portal CBN Cyber Travel. Di unduh 5 Januari 2013 dari http://cyberwoman.cbn.net.id/cbprtl/cybertravel/detail.aspx?x=Time+Traveller&y=cybertravel|2|0|3|2272

Farid, Akhmad. (2012). Konsep Pengembangan Wisata Bahari, Kepulauan Bawean, Jawa Timur. Program Pasca Sarjana Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang.

Ginting, Sapta Putra. Himpunan Ahli Pengelolaan Pesisir Indonesia. Di unduh 25 Maret 2013 dari http://bulletin.penataanruang.net/upload/data_artikel/Artikel-HAPPI%20-PakSaptadoc.pdf.

Munavizt, Setzer. Jenis Jenis Akomodasi Pariwisata. Di unduh 20 Maret 2013 dari http://pariwisatadanteknologi.blogspot.com/2010/05/jenis-jenis-akomodasi-pariwisata.html

Bustami, Abdul Latief. (2011) Tradisi, Ritual dan Keyakinan Beragama Masyarakat Kangean. Lontar Madura. Universitas Negeri Malang. Diunduh 10 Februari 2013 dari http://lontarmadura.com/tradisi-ritual-dan-keyakinan-beragama-masyarakat-kangean/

Atlantic Challenge International. Diunduh 20 Mei 2013 dari https://www.facebook.com/pages/Atlantic-Challenge-International/20367869737

Forum.jalan2.com. (2013). Baehaki. Diunduh 28 Juni 2013 dari http://forum.jalan2.com/topic/3835-pulau-kangean-surga-snorkeling-di-kawasan-madura-jawa-timur/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.