PERANCANGAN DESAIN KEMASAN CAMILAN TRADISIONAL MARNING JAGUNG PRODUKSI SOLEH MALANG

Jenny Setiawan(1*), Bedjo Riyanto(2), Elisabeth Christine Yuwono(3),


(1) LPPM UK Petra
(2) LPPM UK Petra
(3) LPPM UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Kota Malang merupakan salah satu tujuan para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburannya. Para wisatawan yang datang ke kota Malang biasanya akan membeli oleh-oleh untuk di konsumsi sendiri maupun diberikan untuk saudara atau teman. Beberapa oleh-oleh yang terkenal dari Malang yaitu kripik tempe, pia mangkok, dan kripik singkong. Selain itu ada satu camilan lagi yang berpotensi menjadi oleh-oleh khas Malang, yakni marning jagung yang diproduksi oleh Soleh. Sayangnya, Soleh belum memiliki kemasan yang baik dan menarik bila nersaing dengan oleh-oleh yang lainnya. Melalui perancangan ini, ingin meningkatkan brand image produk marning Soleh. Selain itu ingin memperkenalkan produk marning Soleh dan Kota Malang sendiri kepada para wisatawan. Dan diharapkan produk marning Soleh dapat muncul sebagai ikon oleh-oleh khas Malang selain produk yang telah dikenal sebelumnya.


Keywords


Perancangan, Kemasan, Camilan, Malang

Full Text:

PDF

References


Cenadi, Christine Suharto. Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran, Nirmana Vol. 2, No. 1, Januari 2000: 92 – 103.

Kartajaya, Hermawan. Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan Global. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1996.

“Kemasan”. Arti Kata. 2013. 7 Februari 2013. < Arti Kata, http:// artikata.com/arti-367857-kemasan.html >

¬¬ Klimchuk, Marianne R., dan Sandra Krasovec. Desain Kemasan Perancangan Merek Produk yang Berhasil Mulai Dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta : Erlangga, 2007.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Trans. Budiman Mahendra. Jakarta : PT. Prenhallindo, 1998.

“Malang”. Malang Tourism. 2013. 8 Februari 3013.

“Malang”. Wikipedia. 2013. 8 Februari 2013.

Rustan, Surianto. Mendesain Logo. Jakarta: PT. Gramedia, 2009.

Sanyoto, Sajiman Ebdi. Nirmana: Dasar-dasar Seni dan Desain.Yogyakarta: Jalasutra, 2009.

Wirya, Iwan. Kemasan yang Menjual. Jakarta: PT. Gramedia, 1999.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.