PERANCANGAN BOARDGAME MAHABHARATA

Johanes Harsono(1*), Obed Bima Wicandra(2), Abigail Aniendya Christianna(3),


(1) LPPM UK Petra
(2) LPPM UK Petra
(3) LPPM UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Mahabharata merupakan karya sastra dari India yang masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan.
Kemudian, kisah ini diadopsi melalui budaya wayang kuli. Masyarakat Indonesia lebih mengenal kisah
Mahabharata adalah kisah dari pewayangan. Dewasa ini banyak remaja dan orang tua yang kurang peduli
dengan budaya wayang kulit, padahal di dalamnya banyak nilai-nilai kehidupan yang dapat diambil. Masyarakat
dapat lebih memahami cerita dan nilai-nilai yang dapat diambil. Media yang digunakan adalah board game, yang
memudahkan remaja dalam penyampaian cerita ini. Board game didesain yang unik dan dilengkapi
perlengkapan yang mendukung. Board game juga memudahkan dalam penyampaian informasi agar diterima
baik oleh remaja yang memainkannya. Sehingga nilai-nilai kehidupan cerita mahabharata ini berdampak positif
bagi masyarakat.

References


“Arjuna”. 4 maret 2013.

arjuna-2.jpg>

“Arjuna”. 4 maret 2013.

“Backgammon”. 4 maret 2013.

er%2Fk9Qfo6SSBiP7VzT1dlUB_backgamm

on.jpg>

“Bima”. 4 maret 2013.

uploads/2012/01/bima.jpg

“Bima”. 4 maret 2013.

http://id.wikipedia.org/wiki/Bima>

“Bisma”. 4 maret 2013.

Xg9MyavGIh8/UFHMZgjcCKI/AAAAAAA

AAEc/pyDlzJilZzI/s1600/Bisma-Solo-

jpg>

“Board Game”. Based on the Random Dictoinary .

Random House, inc.2010. 23februari 2013

“Board Game – Definition”. WordIQ.com 2010.25

Februari 2011.

ame>.

“Board game” . 5 maret 2013.

BoardGameGeek, LLC. 21 Februari 2013

“Chess”. 4 maret 2013

/8/80103/2865057-chess_board.jpg>

“DESKRIPTIF KUALITATIF” 29 Februari 2010.

/02/29/deskriptifkualitatif/

ARDYNUARY26ac.id

/02/09/deskirpif kualitatif>

“Duryudhana” . 4 maret 2013.

na1.jpg>

“Drona”. 4 maret 2013.

CyJQd8OikI/AAAAAAAACqo/C_eA5nRvs

oA/s1600/Drona-Kartasura-01.jpg>

Gobet, Fermand, de Voogt, Alex, & Retschitzki, Jean.

Moves in Mind: The Psychology of Board

Games. Psychology press, 2004.

Kaelola, Akbar. MENGENAL TOKOH WAYANG.

Yogyakarta: Penerbit Cakrawala, 2010

“Karna wayang”. 4 maret 2013.

HEgk4/UALSbACtRjI/AAAAAAAAA_o/E

QzRUMm-2kg/s1600/karna.jpg>

Kosasih, R.A. MAHABHARATA. Bandung:

ERLINA, 2005

“ Mendidik Mental Anak Lewat Permainan

Tradisional” jurnas.com 15 Mei 2012

/209088>

“Monopoly”. 4 maret 2013.

poly%20board.jpg>

“monopoly”. 4 maret 2013.

jpg>

“Nakula.” 4 maret 2013.

Bdy2Oor4x9c/UMw7AMKtoeI/AAAAAAA

AALM/dcJnau-wuXw/s1600/Nakula-

Sadewa-Yogya-puppets-2.jpg>

“Nakula”. 4 maret 2013.

“penggemar Wayang Semakin Berkurang”

jurnas.com. 5 Juli 2012.

/214591>

“Perunjukkan dan Pembelajaran Wayang Anak-anak

Perlu digalakkan” 28 Agustus 2010

ukan-dan-pembelajaran-wayang-anak-anakperlu-

digalakkan>

“Puerto Rico”.4 maret 2013

TcU6PWhYfhk/UTDwkZ6rdgI/AAAAAAA

AAIM/dk_4F1gyGBg/s1600/puertoRico.jpg

>

“Salya”. 4 maret 2013.

RQK789sKZI/AAAAAAAAEDw/elG72PX

bU-o/S760/Salya-Solo-01.jpg>

“Scrabble ”. 4 maret 2013.

http://www.ananseproductions.com/wpcontent/

uploads/2013/02/scrabble1.jpg

”Wargame”. 4 maret 2013.

http://www.zoi.wordherders.net/wpcontent/

uploads/2006/12/monsterwargame.jp

g

“Yudhistira”. 4 maret 2013.

http://wayang.files.wordpress.com/2010/07/p

untadewa1.jpg

http://id.wikipedia.org/wiki/Yudhistira

“Quo Vadis Wayang” jurnas.com. 1 juli 2012.

-01/214119>


Refbacks

  • There are currently no refbacks.