ANALISIS LOGO HARI ULANG TAHUN (HUT) KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA (RI)

Allyn Priscilla Santoso

Abstract


Logo adalah elemen grafis yang mencerminkan identitas instansi yang diwakilinya. Indonesia sebagai negara juga membuat logo hari jadi tiap perayaan kemerdekaannya. Dalam sebuah negara, logo kemerdekaan dapat dipengaruhi oleh keadaan sosial-ekonomi-politik yang terjadi saat pembuatan logo. Logo-logo tersebut memiliki perbedaan dan kesamaan elemen. Berdasarkan penjelasan singkat mengenai logo, elemen logo kemerdekaan Indonesia harus menggambarkan identitas maupun keadaan sosial-ekonomi-politiknya. Makna logo dapat dikaji secara ilmiah dengan teori semiotika. Dalam kajian Peirce, lambang dibedakan menjadi 3 kategori: ikon, indeks, dan simbol. Untuk menganalisis terjadinya pemaknaan lambang, Peirce menggunakan 3 istilah semiotika: representamen yang merupakan lambang, objek semiotika yang merupakan objek nyata rujukan lambang, dan interpretan yang menyatakan hubungan representamen dan objek semiotika.


Keywords


Logo kemerdekaan Indonesia, semiotika Peirce, representamen, objek semiotika, interpretan.

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan. & et. Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2002). Kamus besar Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: PT (Persero) Penerbitan Percetakan Balai Pustaka.

Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). (2013). Undang-Undang Dasar 1945 & amandemen (edisi lengkap). Jakarta: Gradien Mediatama.

Budiman, Kris (2010). Semiotika Visual: Konsep, isu, dan problem ikonisitas. Yogyakarta: Jalasutra.

Caniago, Ferri. (2012). Cara mutakhir jago desain logo. Jakarta: Dunia Komputer.

Davison, Jane. (Januari, 2009). Icon, iconography, iconology. Accounting, Auditing, & Accountability Journal. 22 (6), 883-906. Diakses pada tanggal 22 September 2017 dari http://dx.doi.org/10.1108/09513570910980454

Healey, Matthew. (2010). Deconstructing logo design. Switzerland: RotoVision SA.

Julien, Alec. (2012). Digital fonts. London: Thames & Hudson Ltd.

Kotler, P. & Pfoertsch, W. (2008). In B2B brand management. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Lip, Evelyn. (1996). Desain dan feng shui: Logo, merek dagang & signboards. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Luphdika, M. Sena. (2017). Logo dan Tema HUT RI. Dulu monoton-ruwet, sekarang menarik-padat. Diakses pada tanggal 27 November 2017 dari https://medium.com/@msenaluphdika/dulu-monoton-ruwet-sekarang-menarik-padat-logo-dan-tema-hut-ri-d4dd325260b3

Merrel, Floyd. (2001). Charles Sanders Peirce’s concept of the sign. The Rouletdge companion to semiotics and linguistics. I (2), 28-39. New York: Routledge.

Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Bandungn: PT Remaja Rosdakarya.

Octavianus, Thomas. (2015). Analisis Tanda (Ikon, indeks, dan symbol) pada film Kingsman: The secret service. Diakses pada tanggal 22 Agustus dari http://2112022thomasoctavianus.blogspot.co.id/2015/03/analisis-tanda-ikon-indeks-dan-simbol.html

Pieter, Erico. (2015). Logo dan tema HUT kemerdekaan RI ke-67 tahun 2012 (Edisi Revisi). Diakses pada tanggal 27 November 2017 dari https://www.kompasiana.com/bakaneko/logo-dan-tema-hut-kemerdekaan-ri-ke-67-tahun-2012_55109ba9a333117732ba893a

Provost, Paul. (2014). 10 ways to celebrate a corporate anniversary. Diakses pada tanggal 15 Agustus 2017 dari http://www.6pmarketing.com/articles/branding-sciensce/72-marketing-strategy/347-10-ways-to-celebrate-a-corporate-anniversary

Rustan, Surianto. (2008). Layout: Dasar & penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Somantri, Gumilar Rusliwa. (Desember, 2005) Memahami metode kualitatif. Makara, Sosial Humaniora, 9(2), 57-65.

Sudjoko. (2001). Pengantar Seni Rupa. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Suwardikun, Didit W. (Juni, 2002). Merubah citra melalui perubahan logo. Studi kasus: Logo dari PT Pos dan PT Keretapi. Bandung: ITB Library. Diakses pada tanggal 21 Agustus 2017 dari https://www.academia.edu/17504544/Merubah-citra-melalui-perubahan-logo

Tinarbuko, Sumbo. (2008). Semiotika komunikasi visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Wallschlaeger, Charles & Busic-Synder, Cynthia. (1992). Seni, arsitektur, dan desain. Basic visual doncepts and principles. Ohio: Wm. C. Brown Publishers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.