PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT UNTUK MENGURANGI PENGGUNAAN HIGH HEELS PADA REMAJA PUTRI

Josephine Angelia Pranata(1*), Deddi Duto Hartanto(2), Merry Sylvia(3),


(1) LPPM UK Petra
(2) LPPM UK Petra
(3) LPPM UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Remaja putri pada umumnya memmpunyai sikap dalam berpenampilan yang tinggi. Di mana remaja putri senang akan berdandan dan menjadi pusat perhatian orang – orang di sekililingnya. Dalam hal ini, tak luput juga high heels menjadi salah satu incaran remaja putri dalam berpenampilan sehari - harinya. Penggunaan high heels yang berlebihan sangatlah tidak baik untuk tubuh. Oleh karena itu, dibuatlah perancangan iklan layanan masyarakat untuk mengurangi penggunaan high heels sebagai salah satu media untuk menyampaikan bahaya penggunaan high heels yang berlebihan.


Keywords


iklan layanan masyarakat, bahaya high heels, remaja putri

Full Text:

PDF

References


“5 Fakta Buruk Tentang High Heels”. Kabar Jakarta. 2012. 21 Januari 2012.

Agustya, R.A. Innu Virgiani. “ Perkembangan Remaja “. Psikologikita. Juni 2012. 14 Februari 2013.

“Agar High Heels Tak Menyebabkan Nyeri Punggung”. Female Kompas. 2012. 7 Oktober 2012. 13 Februari 2013.

“Alasan Sepatu Hak Tinggi Menambah Kesan Seksi Pada Perempuan”. Berita Satu. 2013. 3 Januari 2013. 6 Maret 2013.

“Bahaya Menggunakan High Heels”. Kompas. 2009. 5 Maret 2009.

Grafis, Glosari. 2008.

Hideo, Marco. Perancangan Iklan Layanan Masyarakat dengan Tema Satu Orang Menanam Satu Pohon. Periklanan. Universiyas Kristen Petra. Surabaya.

Hotpascaman S. Hubungan Antara Perilaku Konsumtif dengan Konformitas Pada Remaja. 2009.

Kartono, Kartini. Psikologi Wanita. Bandung: Penerbit Alumni, 1997.

Kasali, Rhenald. Manajemen Periklanan. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti, 2007.

“Kenali 14 Dampak Kesehatan Pemakaian Sepatu High Heels”. 2012. 10 Oktober 2012.

“Kesehatan :7 Bahaya Kesehatan Memakai Sepatu High Heels”. Gaya Muda. 2012. 22 Juni 2012.

“Macam-Macam Model High Heels”. 2011. 30 September 2011.

“Mampu Kurangi Nyeri Lutut”. Koran Jakarta. 2012. 24 Januari 2012. 6 Maret 2013.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Nurhayati, Evi. Peran Peer Group Dalam Membentuk Perilaku Konsumtif Remaja. Skripsi. Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta, 2008.

“Osteoarthritis, Apa itu?”. Kompas. 2009. 28 Februari 2009. 8 Maret 2013.

Pattis, S. William. Karier Bisnis dalam Periklanan. Semarang: Effhar&Dahara Prize, 1993.

“Paradigma High Heels, Berbahaya Namun Disukai Wanita”. Harmony Kesehatan. 2012. 13 Desember 2012. 6 Maret 2013.

“Pengertian Kampanye”. 2 Maret 2012. < http://all-about-theory.blogspot.com/2010/03/pengertian-kampanye.html>

Perkembangan Psikologis Remaja. Belajar Psikologi. 2011. 28 November 2011.

Perkembangan Psikologi Remaja. Renaissance. 2008. 23 April 2008.

Rosandi, Andika Filona. Perbedaan Perilaku Konsumtif Antara Mahasiswa Pria dan Wanita di Universitas Katolik Atma Jaya. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Atma Jaya. Jakarta, 2004.

Ruslan, Rosady. Metode Penelitian PR dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003.

Santrock, John W. Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga, 1995.

Sari, Tiurma Yustiti. Hubungan Antara Perilaku Konsumtif dengan Body Image pada Remaja Putri. Oktober 2009.

“Sepatu High Heels Berbahaya Untuk Kaki.” Okezone. 13 Juni 2008

Setiawan, Ebta. Kamus Besar Bahasa Indonesia online. 2012. KBBI online. 13 Februari 2013. < http://www.kbbi.web.id/>.

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan : Meneropong imbas pesan Iklan Televisi. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Suryabrata, Sunardi. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persadda, 1998)

“Tips Dalam Menggunakan High Heels”. Carapedia.

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi, 2010.

“Varises”.

Weston, Carol. Pribadi dan Rahasia Tanya Jawab khusus untuk Cewek. Batam: Karisma Publishing Group, 2006.

Widyatama, Rendra. Pengantar Periklanan. Jakarta: Buana Pustaka Indonesia, 2005.

Yusuf, Fitria dan Alexandra Dewi. Little Pink Book. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.