PERANCANGAN MOBILE APPS SEBAGAI MEDIA EKSPRESI PENGALAMAN WISATA BAGI BACKPACKER PEMULA

Irvesha Diani(1*), Andrian Dektisa Hagijanto(2), Berdanette Dian Arini(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Backpacker merupakan metode berwisata baru yang sesuai dengan karakteristik anak muda yaitu
semangat, berani, idealis, dan berbeda. Ciri khas utama kegiatan backpacker adalah menekan
pengeluaran wisata dengan cara mengoptimalkan finansial. Menjadi backpacker bukan merupakan
aktivitas biasa, sebagian orang yang belum memiliki pengalaman masih takut untuk mencoba karena
dianggap sebagai cara berwisata yang kurang aman. Tujuan perancangan media aplikasi ini menjadi
media ekspresi bagi backpacker pemula, sekaligus menjadi sumber informasi bagi mereka yang ingin
mencoba belajar tentang backpacker.


Keywords


Mobile apps, backpacker.

Full Text:

PDF

References


Advertising Fresh. (n.d.). Jasa Iklan Facebook.

Diambil dari:

http://www.advertisingfresh.com/iklaninstagram.

php

Alwi, H. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Jakarta: Balai Pustaka.

Amin, V. (2016). Let’s Go to Philippines!. Jakarta:

Bhuana Ilmu Populer.

Android Developer. (n.d.). Android Design Principles.

Diambil dari:

https://developer.android.com/design/getstarted/

principles.html?hl=id#make-meamazing

Apa itu Gadget dan Pengertian Gadget. (2017).

Diambil dari Artikel Indonesia:

http://www.artikelind.com/2011/11/apa-itugadget-

dan-pengertian-gadget.html

Ardi, A. (2013). Mobile Programming:

Pengembangan Aplikasi untuk Android

Phone. Jogjakarta: Skripta Media Creative.

Color Harmonies. (2015). Diambil dari Tiger Color:

http://www.tigercolor.com/color-lab/colortheory/

color-harmonies.htm

Designing for Mobile. (n.d.) Diambil dari Visual

Hierarchy:

https://visualhierarchy.co/blog/designing-formobile/

Febiyan, Arya. (2014, Mei 5). Layout di Android.

Diambil dari

http://www.dumetschool.com/blog/Layoutdi-

Android

Hurlock, E.B. (2004). Psikolongi Perkembangan.

Jakarta: Erlangga.

Hagijanto, A. D. (2004). Retro sebagai Wacana dalam

Desain Komunikasi Visual. Nirmana

Universitas Kristen Petra.

Irsyad, H. (2016). Aplikasi Android dalam 5 Menit.

Jakarta: Elex Media Komputindo.

Junaedi, F. (2012). Bonek: Komunitas Suporter,

Pertama dan Terbesar di Indonesia.

Yogyakarta: Buku Litera.

Martinus, S. (2001). Kamus Kata Serapan. Jakarta:

Gramedia.

Nugroho, S. (2015). Manajemen Warna dan Desain.

Jogjakarta: CV Andi Offset.

Safaat, N. H. (2015). Pemrograman Aplikasi Mobile

Smartphone dan Tablet PC Berbasis

Android. (2nd ed.). Bandung: Informatika.

Sihombing, D. (2015). Tipografi dalam Desain Grafis.

Jakarta: Gramedia.

Susanto, Bob. (2016, Juni 14). Pengertian Aplikasi

Menurut Para Ahli. Diambil dari Seputar

Pengetahuan:

http://www.seputarpengetahuan.com/2016/06

/10-pengertian-aplikasi-menurut-para-ahlilengkap.

html

Thornsby, J. (2016). Android UI Design. Birmingham:

Packt Publishing.

Thomas, G. (2000). How to Design Logos, Symbols,

and Icons. Ohio: How Design Books.

Triyudanto, A. (2012, Oktober 13). Pengertian

Backpacker. Diambil dari Backpacker

Indonesia:

http://www.backpackerindonesia.com/blogs/a

mrizal-triyudanto/pengertian-backpacker.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.