Perancangan Branding dan Kemasan Pia Edamame Produksi Said’s Roti sebagai Oleh-oleh Khas Jember
(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author
Abstract
Pia edamame produksi Said’s Roti merupakan makanan yang memiliki potensi untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari kota Jember dengan keunikannya yang berbahan dasar edamame. Namun saat ini produk tidak didukung dengan kemasan dan branding-nya. Produk ini belum dikemas secara menarik dan tidak memiliki identitas yang konsisten. Dengan adanya problem tersebut maka produk pia edamame produksi Said’s Roti ini dapat kalah bersaing, serta sulit dikenal sebagai oleh-oleh khas Jember. Karenanya, dibutuhkan perancangan branding dan kemasan yang menarik dengan mencitrakan karakteristik kota Jember sebagai solusi dari permasalahan yang ada, dengan tidak menghilangkan product image dari pia edamame produksi Said’s Roti. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif dengan cara mengumpulkan dan menganalisis data melalui observasi, wawancara dan kajian pustaka. Selanjutnya dianalisis menggunakan SWOT untuk untuk mencari informasi tentang USP produk dan insight dari target audience, serta positioning product. Dari hasil analisis, dibuatlah perancangan branding dan kemasan yang memiliki positioning khas Jember, 100% edamame dan home made. Dengan gaya desain modern-klasik yang menggunakan elemen desain tradisional batik edamame sebagai solusi dari perancangan kemasan pia edamame produksi Said’s Roti ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aaker, David. (1991). Managing Brand Equality; Capitalizing on the Value of Brand Name. New York: The Free Press
Dameria,Anne. (2014). Packaging Handbook. Jakarta: Gramedia Printing Grup
Gobe, Marc. (2005). Emotional Brandig. (Bayu Mahendra). Jakarta:Erlangga
Rustan, Surianto. (2009). Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Wirya, Iwan. (1999). Kemasan yang Menjual. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Refbacks
- There are currently no refbacks.