MAKNA PADA ELEMEN VISUAL KEMASAN PRODUK TEH SEDUH DAN CELUP

Michelle Phonda(1*), Listia Natadjaja(2), Mendy Hosana(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia memiliki banyak tradisi yang membuatnya kaya. Salah satu tradisi yang menarik adalah tradisi minum teh. Tradisi ini ada sudah sejak lama dan tersebar di wilayah Indonesia, contohnya Jawa. Dengan semakin luasnya pemasaran, sekarang teh telah dikemas. Teh mempunyai dua jenis kemasan yaitu kemasan dengan daun teh kering dan kantung teh. Kedua kemasan tersebut memiliki elemen visual yang sama dan ada yang berbeda. Elemen visual tersebut membentuk suatu makna pada kemasan. Pada penelitian ini, dua jenis kemasan ini akan diteliti dari tampak depan. Untuk mencari tahu makna tersebut, kedua jenis kemasan akan dianalisa dengan menggunakan teori semiotika milik C.S. Pierce yang terbagi menjadi ikon, indeks, dan simbol. Elemen visual pada kemasan seduh tidak dapat lepas dari kemasan celup. Meskipun terlihat ada usaha-usaha untuk memodernkan elemen visual pada kemasan teh celup, tetapi unsur-unsur tradisional tetap tercantum. Seolah ingin mengomunikasikan bahwa teh sendiri sudah ada sejak dahulu.


Keywords


Teh, Desain Kemasan, Semiotika, Peirce

Full Text:

PDF

References


Kompas Klasika.com. (2014). Memilih Teko Teh. Diakses pada 09 Mei, 2016 dari http://infoklasika.print.kompas.com/memilih-teko-teh/

Budiman, K. (2005). Ikonitas: Semiotika Sastra dan Seni Visual. Yogyakarta: Penerbit BukuBaik

Budiman, K. (2011). Semiotika Visual: Konsep, Isu, dan Problem Ikonisitas. Yogyakarta: Jalasutra

Cahyorini, Astri & Zalfiana Rusfian, Effy. (2011). The Effect of Packaging Design on Impulsive Buying. Journal of Administrative Science & Organization .Journal of Administrative Science and Organization, 18(1), 12.

Chandler. (2007). Semiotic : The Basics (2nd Edition). USA and Canada : Routledge.

Chinalifeweb.com. (2013). Loose Tea Vs Tea Bags. Diakses pada 06 Februari, 2016 dari www.chinalifeweb.com

Coffeetea.about.com. (2014, Desember 04). Loose Tea vs Tea Bags. Diakses pada 06 Februari, 2016 dari http://coffeetea.about.com/od/teabrewing/ a/looseorbag.htm.

Desainstudio. (2010, Oktober 21). Pengertian Serif dan Sans Serif . Diakses pada 02 Juni, 2016 dari http://www.desainstudio.com/2010 /04/pengertian-serif-dan-sans-serif.html

Everage, L. (2006). Teapots Through the Ages: A Brief History. Diakses pada 29 April, 2016 dari https://theteaspot.com/media/wysiwyg/ne ws/storyI d-16.pdf

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d). Bandulan. Diakses pada 13 Mei 2016 dari http://www.kamuskbbi.id/kbbi/artikata.php?mod=view&Ba ndul an&id=4732-arti-maksud-definisi-pengertian-Bandulan.html

Kamus Lengkap. (2016). Superior. Diakses pada 02 Juni, 2016 dari http://kamuslengkap.com/kamus/inggris-indonesia/arti-kata/superior

Klimchuk & Krasovec. (2006). Desain Kemasan: Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. (Bob Sabran). Jakarta : Erlangga.

Kotler, P. Armstrong, G. (2012). "Principles of marketing” 14th Ed. One Lake Street, Upper Saddle River, New Jersey 07458: Prentice Hall: United States of America

Pandewa, B. (2015, Juni 25). Memilih Jenis Huruf Sesuai Karakter Tulisan. Diakses pada 02 Juni, 2016 dari http://www.kompasiana.com/ bimopandudewabrata/memilih-jenis-huruf-sesuai-karakter-tulisan_55110837a33311c339ba9488

PRPM. (2008-2016). Revivalisme. Diakses pada 01 Mei, 2016 dari http://prp m.dbp. gov.my/Search.aspx?k=kontemporari

Riyanto, B. (2005, Juni). Gaya Indies: Gaya Desain Grafis Indonesia Tempo Doeloe. Nirmana, vol 7(2). Diakses pada 07 Mei, 2016 dari http://puslit2.petra.ac.id/gudangpaper/files/2274.pdf

Rossi, A.(2010). 1001 Teh : dari asal usul, Tradisi, Khasiat, hingga Racikan Teh. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET (Penerbit ANDI)

Saputra, P. (2015, November 15). Tipografi Berprinsip. Diakses pada 15 Mei, 2016 dari http://www.kompasiana.com/pranansaputra_id/tipografi-berprinsip_5638bdca8f7a6153048b456c.

Sosro.com. (2013-2016). Sejarah Perusahaan. Diakses pada 20 Maret, 2016 dari http://www.sosro.com/en/sejarah-perusahaan

Teavivre. (2013). Teapots. Diakses pada 09 April, 2016 dari http://www.tea vivre.com/teapots/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.