PERANCANGAN KEMASAN INOVATIF GADO-GADO ARJUNA PAK SATUMIN SURABAYA

Roy Grace Handojo(1*), Deddi Duto Hartanto(2), Merry Sylvia(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam melakukan perancangan kemasan inovatif, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhitungkan. Misalnya faktor keamanan, faktor ergonomis, dan beberapa faktor penting lainnya. Sedangkan dalam kemasan take away Gado-Gado Arjuna Pak Satumin, masih terdapat beberapa faktor-faktor yang hilang sehingga kemasan masih belum optimal. Misalnya segi kepraktisan dalam membungkus makanan gado-gado, kemudahan untuk mengkonsumsi gado-gado tanpa menggunakan piring, faktor higienis kemasan, serta belum adanya identitas yang mudah dikenali dan diingat oleh konsumer. Perancangan kemasan inovatif Gado-Gado Arjuna mencoba untuk menjawab permasalahan kemasan dan permasalahan identitas dari Gado-Gado Arjuna sebagai sebuah restoran gado-gado yang premium dan berkualitas tinggi.

Keywords


Desain kemasan, Kemasan Inovatif, Gado-Gado Arjuna Pak Satumin Surabaya.

Full Text:

PDF

References


Capsule. (2008). Design Matters: Packaging 01 an Essential Primer for Today’s Competitive Market. Beverly: Rockport Publishers.

Cenadi, C. S. (2000). Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. Nirmana Vol. 2.1. Retrieved February, 23, 2016, from: http://nirmana.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/16056/16048

Cohen, H. (2011). 30 Branding Definitions. Retrieved February, 17, 2016, from: http://heidicohen.com/30-branding-definitions/

Denison, E. (2006). More Packaging Prototypes. Switzerland: RotoVision SA.

Eiseman, L. (2000). Pantone Guide to Communicating with Color. USA: HOW books.

Gado-Gado. (2016). Sejarah Gado-Gado. Retrieved February, 2, 2016, from: https://en.wikipedia.org/wiki/Gado-gado.

Klimchuk, Marianne Rosner & Krasovec, S. A. (2007). Desain Kemasan Perancangan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2009). Marketing management (13th ed.). New Jersey : Upper Saddle River.

Kurniawan, Y. A. (2013). Bahaya Plastik Pembungkus Makanan Bagi Kesehatan. Retrieved February, 23, 2016, from: http://yoaku.blogspot.com/2013/06/bahaya-plastik-pembungkus-makanan-bagi_5.html

Marketing, S. (2012). Brand identity: What is it and why is it so important?. Retrieved February, 17, 2016, from: http://www.snap.com.au/articles/brand-identity--what-is-it-and-why-is-it-so-important-.html

Pom, B. (2007). Bijak dalam Menggunakan Kemasan Pangan. Retrieved February, 23, 2016, from: http://www.pom.go.id/mobile/index.php/view/berita/174/Bijak-dalam-Menggunakan-Kemasan-Pangan.html

Ryan, V.(2011). The Functions of Packaging. Retrieved February, 17, 2016, from: http://www.technologystudent.com/despro2/packfn1.htm

Soehadi, Agus. (2005). Effective Branding. Bandung: Penerbit Quantum Bisnis dan Manajemen.

http://www.pom.go.id/mobile/index.php/view/berita/174/Bijak-dalam-Menggunakan-Kemasan-Pangan.html

Shimp, T. A & DeLozier, M. W. (1986). Promotion Management and Marketing Communications. United States of America: The Dryden Press.

Wirya, I. (1999). Kemasan Yang Menjual. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.