PERANCANGAN KAMPANYE "BUKOIN" BUKU KOIN DI TOKO BUKU PETRA TOGAMAS SURABAYA

Vincentius Bobby Hartono(1*), Deddi Duto Hartanto(2), Merry Sylvia(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Koin merupakan alat tukar yang sudah mulai ditinggalkan di Indonesia dikarenakan nominalnya yang terlalu kecil. Anak-anak dan orang tua menganggap bahwa koin bukanlah sesuatu yang berharga. Solusi yang dirancang untuk meningkatkan apresiasi uang logam ialah melalui kampanye. Dalam sebuah kampanye terdapat pesan yang dirancang melalui riset yang mendalam mengenai target audiens agar pesan secara efektif tersampaikan kepada target. Kampanye Bukoin ini bekerjasama dengan Toko Buku Petra Togamas. Anak-anak dan orang tua diajak untuk menghargai koin dengan mengumpulkan dan mengutamakan membayar dengan koin. Melalui kampanye Bukoin, anak-anak dan orang tua mengerti pentingnya mengumpulkan koin dan merupakan langkah awal bagi anak-anak dan orang tua untuk menghargai koin.

Keywords


Kampanye, Buku Koin, Toko Buku, Koin

Full Text:

PDF

References


Anindito, B.(2014). Definisi Kampanye. Prezi. Retrived February 23, 2016, from https://prezi.com/jigpulc1rbit/definisi-kampanye.

Irawan. (2015). Perkembangan Kognitif Menurut Piaget. SlideShare. Retrived March 2, 2016, from http://www.slideshare.net/iwk/5-tahap-perkembangankognitifmenurutpiaget.

Jangan Remehkan Uang Receh Ini 5 Alasan Kamu Gak Boleh Ngeremehin Uang Receh. (2016). Duitpintar.com. Retrived Ferbuary 23, 2016, from

https://blog.duitpintar.com/jangan-remehkan-uang-receh-ini-5-alasan-kamu-gak-boleh-ngeremehin-uang-receh.

Jorgens J. (2013). What makes a successful PSA campaign?.PSA Research. Retrived March 3, 2016, from http://www.psaresearch.com/bib4111.html.

Kaniadi. (2011). Dasar-Dasar Periklanan. Bandung : Politeknik Pos Indonesia.

Kasilo, Djito. (2008). Komunikasi Cinta : Menembus G-Spot Konsumen Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.

Kriyantono, R.(2014) Sekilas Tentang Perencanaan Kampanye. Universitas Brawijaya Malang. Retrived March 2, 2016, from http://rachmatkriyantono.lecture.ub.ac.id/files/2014/09/SEKILAS-TENTANG-PERENCANAAN-KAMPANYE-baru.pdf.

Mengenalkan Uang pada Anak Bukan Hanya dengan Cara Jajan dan Menjaga Celengan Saja-Gunakan Teknik-tenik ini Agar Anak Mengenal Uang. (2015). Sayang Anak. Retrived from March 3, 2016, from

http://sayangianak.com/mengenalkan-uang-pada-anak-bukan-hanya-dengan-cara-jajan-dan-menjaga-celengan-saja-gunakan-teknik-tenik-ini-agar-anak-mengenal-uang.

Pengertian Iklan Layanan Masyarakat.(2015). Landasan Teori. Retrived February 23, 2016, from http://www.landasanteori.com/2015/10/pengertian-iklan-layanan-masyarakat.html. 74 Universitas Kristen Petra

Pentingnya Peranan Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Buah Hati. (2015). Bidanku. Retrived March 3, 2016, from http://bidanku.com/pentingnya-peranan-orang-tua-dalam-tumbuh-kembang-buah-hati#ixzz422Dl7ATD.

Rogers, E. M., & Storey J. D. (1987). Communication Campaign. In C. R. Berger, M.E. Roloff, & D.R. Roskos-Ewoldsen (Eds.). Handbook of Communication Science (p/pp). California:Sage.

Suleman, A. (2015). Nasib Uang Logam Recehan: Kalau Tak Laku di Sana-sini, Kenapa Dikeluarkan. Intisari-Online. Retrived February 23, 2016, from http://intisari-online.com/read/nasib-uang-logam-recehan-kalau-tak-laku-di-sana-sini-kenapa-dikeluarkan.

Telepon Umum, Fasilitas Masyarakat yang Ditinggalkan. (2015). Sinar Harapan. Retrived March 2, 2016, from http://www.sinarharapan.co/news/read/150803061/telepon-umum-fasilitas-masyarakat-yang-ditinggalkan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2011 Tentang Mata Uang,(2011). Bank Indonesia. Retrived February 23, 2016, from http://www.bi.go.id/id/tentang-bi/uu-bi/Documents/UU%207%20Tahun%202011.pdf.

Widyatama, R. (2007). Pengantar Periklanan. Yogyakarta : Pustaka Book Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.