PERANCANGAN PROMOSI PRODUK OLAHAN KERANG UKM BUNDA SURABAYA

Ria Elrica(1*), Maria Nala Damajanti(2), Cindy Muljosumarto(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Olahan Kerang Bunda merupakan salah satu UKM yang berada di Cumpat, Kenjeran yang menjual berbagai macam makanan olahan kerang sejak tahun 2013 yang dijual melalui personal selling / hard selling. UKM ini ingin memperluas pasar agar bisa membidik kalangan remaja hingga dewasa muda sehingga diperlukan strategi promosi yang lebih efektif dan komunikatif agar dapat menjangkau pasar yang baru, salah satunya dengan menimbulkan ketertarikan kepada calon pembeli melalui video iklan produk dan tampilan visual produk Olahan Kerang Bunda. Diharapkan melalui promosi ini, Olahan Kerang Bunda mendapat image baru di mata masyarakat yang lebih modern, young, dan playful. 


Keywords


promosi; olahan Kerang; bunda; kenjeran; surabaya

Full Text:

PDF

References


Shimp, T. A. (2000). Periklanan Promosi Jilid I (5 ed.). (N. Mahanani, Ed.) PT Gelora Aksara Pratama.

Kotler, P. (2004). Marketing Insights From A to Z. (S. M. Nurcahyo Mahanani, Ed.) Penerbit Erlangga. Brannan, T. (2004). Integrated Marketing Communication. (P. Herawati, Ed.) Penerbit PPM.

Krasovec, M. R. (2006). Desain Kemasan. (S. M. Lameda Simarmata, Ed., & B. Sabran, Trans.) PT Gelora Aksara Pratama.

Darmawan. (2016). Sosial Media Marketing. Retrieved 03 01, 2016, from Panduan IM:

http://panduanim.com/social-media-marketing/ learnmarketing.net. (n.d). Perceptual Maps. Retrieved 12 23, 2015, from Positioning Maps: http://www.learnmarketing.net/perceptualmaps. htm

Y.Amalia. (2016). academia.edu. Retrieved from ACADEMIA:

https://www.academia.edu/7755776/Revolusi_B iru_Melalui_Pemberdayaan_Masyarakat_Pesisir _dalam_Industri_Pengolahan_Kerupuk_Hasil_L aut_Sudi_Kasus_Masyarakat_Pesisir_Kenjeran _

Amalia, Y. (n.d.). academia.edu. Retrieved Januari 5, 2016, from ACADEMIA:

https://www.academia.edu/7755776/Revolusi_B iru_Melalui_Pemberdayaan_Masyarakat_Pesisir _dalam_Industri_Pengolahan_Kerupuk_Hasil_L aut_Sudi_Kasus_Masyarakat_Pesisir_Kenjeran _

Julianti, S. (2014). The Art of Packaging. PT Gramedia Pustaka Utama.

Kasilo, D. (2008). Komunikasi Cinta- Menembus G-Spot Konsumen Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Jakarta.

Morgan, J. (2012). Brand Against The Machine. Canada: John Wiley&Sons, Inc.

Darmadi Durianto, S. d. (2004). Brand Equity Ten Strategi Memimpin Pasar. PT Gramedia Pustaka Utama.

Rukmana, H. R. (n.d). Budi Daya Kerang Hijau. (T. E. Umum, Ed.) CV Aneka Ilmu.

Jackie Ambadar, M. A. (2007). Mengelola Merek. (T. YBKM, Ed.) Yayasan Bina Karsa Mandiri. Rangkuti, F. (2008). The Power of Brands. PT Gramedia Pustaka Utama.

Windy Rizki, N. E. (2014, 09 23). WWF- INDONESIA. Retrieved 12 18, 2015, from WWF:

http://www.wwf.or.id/ruang_pers/?35422/janga n-takut-lagi-makan-kerang

WWF, T. P. (2015, Februari). WWF - Indonesia. Retrieved from Perikanan Kerang:

http://awsassets.wwf.or.id/downloads/capture__ _bmp_kerang___des_2015.pdf

Ambara, S. (2014, 08 23). KMIP. Retrieved 01 03, 2016, from KMIP UGM:

http://kmip.faperta.ugm.ac.id/potensi-kelautan- dan-perikanan-indonesia/

Ruzuar, A. (2015). Fish n Blues. Retrieved 2015, from Fish n Blues:

http://www.fishnblues.com/en/siti-chotimah- inspirasi-perempuan-pesisir-kenjeran/

Eka Dian Savitri, W. A. (2015, Februari 1). awassets.wwf. Retrieved Desember 30, 2015, from Tim Perikanan WWF - Indonesia:

http://awsassets.wwf.or.id/downloads/capture__ _bmp_kerang___des_2015.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.