PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL TENTANG PEMAHAMAN EKSISTENSI DAN ESENSI KERAGAMAN LINTAS ETNIS DI SEMARANG

Njoo Peni Lupita Ardiana(1*), Maria Nala Damajanti(2), Cindy Muljosumarto(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Semarang merupakan kota dengan situasi masyarakat multietnis yang cukup beragam. Dengan adanya realitas tersebut, maka tantangan yang dihadapi mengenai respon masyarakat terhadap isu toleransi lintas etnis juga semakin besar. Perancangan kampanye sosial ini dibuat untuk menumbuhkan kesadaran sosial agar warga Semarang sebagai target audiens memiliki pemahaman akan eksistensi dan esensi keragaman lintas etnis untuk menghidupi citra toleran yang dikenakan pada Kota Semarang secara sungguh-sungguh. 


Keywords


kampanye sosial; eksistensi; esensi; keragaman lintas etnis; semarang

Full Text:

PDF

References


Altstiel, Tom., Grow, Jean. (2006). Advertising Strategy: Creative Tactics from the Outside/In. California: Sage.

Anceaux, J. (1965). Linguistic Theories about the Austronesian Homeland. Bijdragen tot de Taal-, Land- en Volkenkunde, 121 (4), 417 – 432.

Anderson, Benedict. (1991). Imagined Communities: Reflections on the Origin and Spread of Nationalism. New York: Verso.

Antar, Venus. (2004). Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekaatam Media.

Badan Pusat Statistik. (2010). Kewarganegaraan, Suku Bangsa, Agama, dan Bahasa Sehari-hari Penduduk Indonesia. Retrieved February 4, 2016, from http://www.bps.go.id/index.php/publikasi/719

bin Ladjamudin, Al-Bahra. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Tangerang: Graha Ilmu.

Bowdery, Rob. (2008). Copywriting: The Creative Process of Writing Text For Advertisement or Publicity Material. Geneve: AVA.

Cangara, Hafied. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Davis, Baran. (2003). Mass Communication Theory. Canada: Wadsworth.

Gjersoe, Nathalia. (2015, July 8). How Can We Fix Unconscious Racism. The Guardian. Retrieved March 4, 2016, from http://www.theguardian.com

Koentjaraningrat. (2002). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyana, Deddy., Rakhmat, Jalaluddin. (2005). Komunikasi Antar Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surbakti, Ramlan. (2006). Memahami Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Suryakusuma, Julia. (2010). Jihad Julia: Pemikiran Kritis dan Jenaka Feminis Pertama di Indonesia. Bandung: Qanita


Refbacks

  • There are currently no refbacks.