Perancangan Rebranding Martabak Terang Bulan ”Marter Club” di Surabaya

Andrew Wong(1*), Wibowo Tamsir(2), Rika Febriani(3),


(1) UK PETRA
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Marter Club adalah kedai martabak dan terang bulan yang hadir di Surabaya sejak 2015. Marter Club menyajikan berbagai pilihan menu martabak dan terang bulan yang lezat. Marter Club sebenarnya memiliki potensi dan kelebihan dibanding kedai martabak lain, namun keberadaannya masih kurang diperhitungkan dalam masyarakat karena branding yang lemah. Melalui metode penelitian SWOT diketahui kelebihan dan kekurangan dari Marter Club yang menjadi dasar dari perancangan ini. Perancangan ini dibuat untuk menjadi modal Marter Club bersaing dengan kompetitornya. Kelebihan dari Marter Club adalah harga produknya lebih murah dari yang lain dan menggunakan bahan yang alami dan berkualitas sehingga aman untuk dikonsumsi. Untuk menghadapi persaingan, konsep kafe outdoor dengan image Marter Club baru yang dilengkapi dengan fasilitas unik yang mengajak konsumen untuk merasakan pengalaman baru menjadi koki martabak menjadi nilai jual dari branding Marter Club yang baru.

Keywords


Rebranding, Marter Club

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. (2006). Managing Brand Equity: Capitalizing on The Value of a Brand Name. United States of America: The Free Press.

Ries, Al & Trout, Jack. (2002). Positioning: The Battle For Your Mind. Jakarta: PT. Salemba Emban Ria.

Alina Wheeler. (2006). Designing Brand Identity: A Complete Guide to Creating, Builiding, and Maintaining Strong Brands, 2nd edition. ISBN: 978-0-471-74684-3. Whiley. Philadelphia, USA.

Buchori, Alma. 2007. Manajemen Pemasaran dan Manajemen Jasa. Edisi revisi. Alfabeta : Bandung.

Carter, David E. (1995). How to Improve Your Corporate Identity. New York: Art Direction Book Company.

Dameria, Anne. (2007). Color Basic Buku Panduan Dasar Warna untuk Desainer dan Industri Grafika. Jakarta: Link Match Graphic.

Duncan, Tom. (2005). Advertising & IMC, 2nd ed. McGraw-Hill.

Junaedi, Ahmad. (2003). Perancangan Logo PT. Tesapura Bandung.

Kotler, P.,(2000). “Marketing Management: Analysis, Planning. New jersey:Prentice Hall.

Marianne Rosner Klimchuk, & Sandra A. Krasovec. (2007). Desain Kemasan. Jakarta: Erlangga.

Miller, Jon and David Muir. (2004). The Business of Brands: John Wiley & Sons, Ltd.

Minamiyama, Hiro. (2007). World Branding: Concept, Strategy and Design. USA: Gingko Press.

Murphy, John & Michael Rowe. (1993). How to Design Trademarks and Logos. Cincinnati, Ohio: North Light Books.

Rangkuti, Freddy. (2004). The Power of Brand: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek dan Analisis Dengan Kasus SPSS. Cetakan kedua. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wijaya, Yunita Wijaya. (1999). Tipografi Dalam Desain Komunikasi Visual. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Wirya, Iwan. (1999). Kemasan yang Menjual, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.