MITOS KECANTIKAN WANITA INDONESIA DALAM IKLAN TELEVISI PRODUK CITRA ERA TAHUN 1980-an,1990-an dan 2010-an

Stepfanni Rahardjo, Andrian Dektisa Hagijanto, Bernadette Dian Arini Maer

Abstract


Produk Citra  merupakan produk kecantikan yang berasal dari Indonesia. Produk Citra menggunakan standar kecantikan tertentu yang dapat dilihat melalui iklan produk Citra yang ada sejak awal mula produk tahun 1980-an hingga sekarang. Seperti yang ditampilkan dalam iklan produk Citra tahun 1980-an versi “Pelukis” memperlihatkan cara pandang kecantikan aristrokat Jawa, lalu di tahun 1990-an pengaruh budaya Barat yang berkembang membuat iklan produk Citra versi “Kembar” menggunakan cara pandang kecantikan Indonesia yang cantik merupakan yang berkulit putih, sedangkan iklan produk Citra tahun 2010-an versi “Is It Love” yang dipengaruhi oleh perubahan jaman yang membuat banyaknya budaya masuk ke Indonesia membuat iklan tersebut, mencampurkan cara pandang kecantikan Korea yang dipadu dengan karakteristik fisik kebarat-baratan, karakteristik ini menjadi hibrid sebagai representasi kecantikan wanita Indonesia kontemporer. Melalui analisis ini teori semiotika Roland Barthes digunakan sebagai teori dasar untuk memaknai karakter visual yang muncul dalam iklan, sedangkan untuk pendukung analisis menggunakan teori Feminisme Eksistensialis menurut Simon de Beauvoir.


Keywords


Iklan produk Citra ; feminisme eksistensialis ; semiotika ; hipperralitas ; kecantikan ; cara pandang

Full Text:

PDF

References


Addicted Cosmetic London: Makeup Through The Decades. (n.d). Retrieved 4 Mei, 2016. From http://www.addictedcosmetics.co.uk/site/images/infotheque/pdf/Make%20up%20Through%20the%20Decades.pdf

Aufar, Radityo Muhammad (2012, January 29). Iklan Produk Citra tahun 1980 Pelukis – 29 Januari 2012 [Video file]. Retrieved September 18, 2015, from Indonesia, January 29, 2012.

- (2012, January 31). Iklan Citra tahun 1990 Kembar – 31 Januari 2012 [Video file]. Retrieved September 18, 2015, from Indonesia, September 18, 2012.

Barthes, Roland. 1967. Element of Semiology, New York: Hill and Wang.

Bawoek, Soemiyati. (2008). Berkerudung Tanpa Paes, Tata Rias Pengantin Yogyakarta. Yogyakarta: Kanisius.

Beauvoir, Simon de. 1989. The Second Sex: Book One: Facts and Myths. (Tony B. Febriantono). Jakarta: PT.Buku Seru.

Budiman, Kris. 2005. Ikonisitas: Semiotika Sastra dan Seni Visual. Yogyakarta: Buku Baik.

Camera Angles. MediaCollage.com. (2015). Retrieved Mei 10, 2015 from http://mediacollege.com/video/camera/angles/

Ciu, Senny Ferdian. (2015, January 7). Yuk Intip Perubahan Trend Fashion Era 1920 hingga Sekarang. Retrieved Mei 20, 2016, from https://blog.tokopedia.com/2015/01/yuk-intip-

perubahan-trend-fashion-era-1920-hingga-sekarang/

Condronegoro, Mari S. (1995). Busana Adat Keraton Yogyakarta, Makna dan Fungsi dalam Berbagai Upacara. Yogyakarta: Yayasan Pusaka Nusantara.

Dewi, Evi Septiani. (2010). Kajian Pemaknaan Bahasa Tubuh Perempuan Dalam Iklan Produk Bliken. Retrieved April 15, 2016, from http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/456/jbptunikompp-gdl-evisetiani-22786-1-babi.pdf

Herlina. (n.d). Postur Tubuh: Bodu Gesture. Retrieved April 20, 2016. From http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JURUSAN._PSIKOLOGI/196605162000122-HERLINA/IP-TM7_BODY_POSTURE.pdf

Hidayat, Taufik. (Juni 20, 2007). Babak Baru Pertempuran Dua Raksasa. Retrieved Mei 5, 2016, from https://taufiek.wordpress.com/2007/06/20/babak-baru-pertempuran-dua-raksasa/

Kasiyan. 2008. Manipulasi dan Dehumanisasi Perempuan dalam Iklan. Yogyakarta.

Melliana, Anastasia. (2006). Menjelajah Tubuh (Perempuan dan Mitos Kecantikan). Yogyakarta: LkiS

Noviana, Ratna. 2002. Jalan Tengah Memahami Iklan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Pease, Allan. (1996). Body Language. (Arum Gayatri). Jakarta: Arcan.

- (1988). Body Language: How to Read Others Throught by Their Gestures. London: Sheldon Press.

Prima. (2016, April 20). Cantik ala Korean Wave. Jawapos.

Produk Citra. (n.d). Retrieved 11 September 2015, from https://www.unilever.co.id/brands/our-brands/citra.html

Rumah Cantik Citra Unilever (2014, July 14) Iklan Produk Citra Korean Pink Orchid – 14Juli 2014 [Video file]. Retrieved September 18, 2015 from Indonesia, 2014, July 14.

Tiara, Kusuma. (2011). 33 Sangul Daerah Tradisional. Jakarta: Meutia Cipta Sarana dan Persatuan Ahli Kecantikan dan Pengusaha Salon Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.