Perancangan Desain Kemasan dan Media Pendukung Produk Olahan Jamur Jati Products

Aryarota Cumba Salaka(1*), Listia Natadjaja(2), Hen Dian Yudani(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Jati Products adalah sebuah perusahaan yang terletak di Surabaya dan bergerak di bidang makanan olahan. Jati Products berdiri sejak Januari 2014 dan menjual makanan olahan yang terbuat dari bahan seperti ayam, daging, dan ditambahi dengan Jamur. Sebenarnya Jati Products memiliki unique selling point yang dapat disampaikan seperti halnya fakta bahwa produk yang mereka sajikan mengandung jamur, tetapi hal tersebut tidak disampaikan dengan benar, bahkan tidak disampaikan sama sekali baik dalam desain kemasan maupun media pendukung yang digunakan sehingga hal tersebut menjadi kelemahan dari Jati Products sendiri. Hal ini menjadi penghambat bagi kesuksesan Jati Products sebagai sebuah perusahaan. Apalagi kemasan yang digunakan bukan merupakan kemasan yang standard digunakan untuk makanan beku yang biasa digunakan di supermarket dan di tempat lain.

 

Dari keseluruhan data yang diolah, dibuatlah desain kemasan dan media pendukung bagi Jati Products untuk memperjelas unique selling point dan identitas produk sebagai makanan yang sehat, alami, dan juga mengandung Jamur.


Keywords


Kemasan, Nugget, Jamur, Makanan Olahan, Makanan Beku, Positioning, Identitas Merek, Jati Products

Full Text:

PDF

References


Alisha. (2014). Retrieved from What is ATL, BTL, and TTL Marketing: http://www.startupfreak.com/what-is-atl-btl-and-ttl-marketing/

American Writers & Artists Inc. (2015). What Is Copywriting. Retrieved from Awaionline.com: http://www.awaionline.com/what-is-copywriting/

Beyer, R. (2012). Manual on Food Packaging. In R. Beyer. Food and Agriculture Organization of the United Nations.

Black, J. (2011, January 18). What Is Your Product Saying to Consumers. Retrieved from AdvertisingAge: http://adage.com/article/guest-columnists/shopper-marketing-packaging-conveys-a-brand-s-message/148283/

Chand, S. (2015). Retrieved from 5 Basic Functions of Packaging in Marketing a Product: http://www.yourarticlelibrary.com/marke ting/5-basic-functions-of-packaging-in-marketing-a-product/22204/

Creative Bloq. (2014, April 3). Typography Rules and Terms That Every Designer Must Know. Retrieved from Creative Bloq: http://www.creativebloq.com/typograph y/what-is-typography-123652

Drew, J. T., & Meyer, S. A. (2008). Color

Management for Packaging. Singapore:

Rotovision.

Girard, S. L., O'Keefe, M. F., & Price, M. A. (2012).

Sales dan Marketing. Solo: Penerbit Tiga Serangkai.

Investopedia. (2015). Retrieved from Below The Line Advertising: http://www.investopedia.com/terms/b/b elow-the-line-advertising.asp

Kartajaya, H. (1996). Marketing Plus 2000 Siasat

Memenangkan Persaingan Global. PT

Gramedia Pustaka Utama.

Kartajaya, H. (1999). Marketing Plus : Jalur Sukses

untuk Bisnis, Jalur Bisnis untuk Sukses.

Jakarta: Grasindo.

Klimchuck, M. R. (2001). Desain Kemasan :

Perencanaan Merek Produk yang Berhasil

Mulai dari Konsep Sampai Penjualan.

Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kusumaningrum, F. D. (2014, Februari 17). Diambil kembali dari 5 Manfaat Penting Jamur Untuk Kesehatan Tubuh: http://www.merdeka.com/sehat/5-manfaat-penting-jamur-untuk-kesehatan-tubuh.html

MadeHow.com. (2015). Corrugated Cardboard. Retrieved from MadeHow.com: http://www.madehow.com/Volume-1/Corrugated-Cardboard.html

Manral, K. (2011). Retrieved from Difference Between Above the Line and Below The Line Advertising: http://www.theadvertisingclub.net/index. php/features/editorial/3256-difference-between-above-the-line-and-below-the-line-advertising

Mason, D. (2001). Experimental Packaging.

Singapore: RotoVision.

Mosberg, S. (1989). Packaging. New York: PBC

International, INC.

Nitisemito, A. S. (1981). Marketing. Jakarta: Ghalia

Indonesia.

Nurman, S., & Kahar, A. (1984). Bertani Jamur dan Seni Memasaknya. Bandung: Angkasa.

Otich. (2008). Retrieved from Supaya Bahan Makanan Tidak Kehilangan Gizi: http://www.dechacare.com/Supaya-Bahan-Makanan-Tidak-Kehilangan-Gizi-I152-1.html

Packaging House. (2011). Retrieved from Tentang Kemasan: http://klikkemasan.com/tentang_kemasa n

Packaging Institute International. (1988). Glossary

of Packaging Terms: Standard Definitions

of Trade Terms Commonly Used in

Packaging. The Institute.

Rabinowitz, A. (2002). Retrieved from Visual Identity In A Split Second: http://www.packaginggraphics.net/visual -package-design.htm

Resep Bunda. (2012, Februari 23). Retrieved from Menjaga Vitamin dan Mineral dalam Sayuran Saat Memasak: http://www.resepbunda.biz/2012/02/23/ menjaga-vitamin-mineral-dalam-sayuran-saat-memasak/

Roth, L. (1990). Packaging Design: an Introduction.

New Jersey: john Willey & Sons Inc.

Rustan, S. (2009). Mendesain Logo. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama.

Ryan, V. (2013). How Packaging Is Used To Promote Products. Retrieved from Technology Student: http://www.technologystudent.com/ despro_3/promopk2.html

Shimp, T. A. (2003). Periklanan, Promosi, dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Sora, N. (2015). Retrieved from Pengertian Analisis SWOT dan Manfaatnya: http://www.pengertianku.net/2015/0 3/pengertian-analisis-swot-dan-manfaatnya.html

Sulaksono, S. (2015). Diambil kembali dari Manfaat Jamur Bagi Kesehatan: http://www.carakhasiatmanfaat.com/ artikel/manfaat-jamur-bagi-kesehatan.html

Wirya, I. (1999). Kemasan yang Menjual: Menang Bersaing Melalui Kemasan.

Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.