Perancangan Media Panduan Wisata Kuliner Khas Indonesia Khususnya Warung Makan Kaki Lima Yang Berpotensi Di Surabaya

BRYANT ALFREDO(1*), I WAYAN SWANDI(2), MENDY HOSANA M.(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Surabaya merupakan kota besar sekaligus ibukota dari provinsi Jawa Timur. Surabaya ini memiliki keanekaragaman kuliner baik dari dalam maupun luar daerahnya. Namun seiring dengan perkembangan jaman, muncul banyak sekali restoran dan kafe yang menyajikan berbagai masakan yang berasal dari negara-negara lain yang mampu menarik minat masyarakat kota Surabaya. Sedangkan makanan-makanan khas Indonesia sendiri saat ini kebanyakan hanya berada di depot kecil, maupun warung kaki lima saja. Karena itulah dirancang sebuah panduan yang terdiri dari buku dan website tentang wisata kuliner warung kaki lima yang menjual makanan khas Indonesia di Surabaya. Panduan ini berisi ulasan warung-warung kaki lima yang layak dan berpotensi di Surabaya secara keseluruhan, beserta media pendukung lainnya.

Keywords


Perancangan buku, Perancangan website, Wisata kuliner, Surabaya, Warung kaki lima.

Full Text:

PDF

References


Aghnia, Giska Fuzna. “Gaya Hidup Konsumtif Bangsa Indonesia Terhadap Produk Impor Menyebabkan Turunnya Nasionalisme.” SIPerubahan. 2014. 16 Februari 2015. .

Engel, James F, Roger D. Blackwell, Paul W. Miniard. Perilaku Konsumen.

Jakarta: Binarupa Aksara, 1995.

“Food Photography” Wikipedia, The Free Encyclopedia. 2 Februari 2015. Wikipedia Foundation. .

Indonesia. Presiden Republik Indonesia. Undang Undang Republik Indonesia No 9 Tahun 1990 Tentang Kepariwisataan. 4 Maret 2015. < http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_9_1990.pdf>

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ketiga. Jakarta, Pusat Bahasa. 2001. Kartila, Illa. “Nongkrong di Cafe Jadi Gaya Hidup.” Antaranews. 2012. 16 Februari 2015. < http://www.antaranews.com/berita/300726/nongkrong-di-cafe-jadi-gaya-hidup>.

Kesit, Bambang Prakosa.2005. Pajak dan Retribusi Daerah. Yogyakarta: UII Press

Kusrianto, Adi. Pengantar Tipografi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2010.

Leo, Yoanna. “Perancangan Buku Panduan Wisata Kuliner di Surabaya Barat.” TA No. 00021864/DKV/2011. Unpublished undergraduate thesis. Universitas Kristen Petra. Surabaya, 2011.

“Makna Psikologi warna.” Ensiklo. Copyright © Ensiklo.com Dikelola oleh Lazuardi Media and Technology. 1 April 2015. . “Masakan Jawa” Wikipedia, The Free Encyclopedia. 12 Juni 2014. Wikipedia Foundation. .

McIntosh, Robert W. & Goeldner, Charles R. Tourism: Principles, Practices, Philosophies. United States of America: John Wiley & Sons, Inc. 1990.

Nuraeni, Nani. “Jenis Layout Iklan Cetak.” Pengantar Periklanan. 2008. 2 April 2015. < http://pengantarperiklanan.blogspot.com/2008/03/jenis-lay-out-iklan-cetak.html>. “Pedagang Kaki Lima” Wikipedia, The Free Encyclopedia. 14 Maret 2015. Wikipedia Foundation. . Pendit, Nyoman S. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: PT Pradnya Paramita. Cetakan ke-3, 1986. “Pengertian dan Sejarah Singkat Fotografi.” Kelas Fotografi. 2013. 13 Maret 2015. .

Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN

Balai Pustaka. Cetakan ke-5, 1976.

Ratnagra, Jack Putera. Perancangan Panduan Wisata Kuliner Pulau Lombok. TA No.00022496/DKV/2014. Universitas Kristen Petra Surabaya, 2014.

Rahmawaty, Utami. “Pelestarian Budaya Indonesia Melalui Pembangunan

Fasilitas Pusat Jajanan Tradisional Jawa Barat.” Vol. 2, No. 1 (2013): 1-2.

Februari 2015. .

Rustan, Surianto. Layout Dasar & Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2009.

Sanaji, Miftah. Wisata Kuliner Makanan Daerah Khas Cirebon. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2010.

Sihombing, Danton. Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2001.

Somantri, Gumilar Rusliwa. “Makara, Sosial Humaniora.” Vol. 9, No. 2

(Desember 2005): 57-65. 7 Februari 2015. .

Subagyo, Ahmad. Studi Kelayakan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2007

Sumaryadi, Adi. Onlinekan. Bandung: Azzahra Publishing, 2014.

Surabaya. Pemerintah Kota. Peraturan Daerah No. 17 Tahun 2003: Penataan dan

Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima. .

Surabaya. Pemerintah Kota. Profil Kota. 2011. Website Resmi Pemerintah Kota Surabaya. 11 Maret 2015

Susilana, Rudi, dan Cepi Riyana. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana

Prima, 2009.

“Teknik Jilid Buku.” Print On Demand. © Copyright 2014 Print On Demand Indonesia, PT All Right Reserved. 1 April 2015. .

“Teori Warna.” Satria Multimedia. Copyright © 2005 – 2015 by Satria Multimedia. 17 Maret 2015. .

Tjiang, Herry. “Kategory Photography”. Forum Kompas.28 Oktober 2013. Copyright @ Herry Tjiang 1999. 13 Maret 2015. .

Wicaksono, Dwi Prasodjo. Perancangan Buku Panduan Digital Wisata Kuliner Pedas di Surabaya. TA No.00022392/DKV/2014. Universitas Kristen Petra Surabaya, 2014.

Wilastri, Dani. Jogja Culinary & Nongkrong Recommended 3. EBC Manajemen, 2014.

Yuhefizar., HA Mooduto, dan Rahmat Hidayat. Cara Mudah Membangun Website Interaktif Menggunakan Content Management System

Joomla (CMS). Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.