Perancangan Media Permainan Edukatif mengenai Kuliner dari Pemanfaatan Mangrove untuk Anak Usia 8-12 Tahun

MONICA FELANI SOEBAGIO(1*), Elisabeth Christine Yuwono(2), Bambang Mardiono Soewito(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia memiliki keanekaragaman jenis tumbuhan Mangrove yang tinggi, namun sayangnya hampir 40 persennya telah rusak. Salah satu penyebab utamanya adalah banyak orang yang hanya mengetahui manfaat pohon Mangrove sebagai penghasil kayu saja, padahal dapat dimanfaatkan juga untuk sektor lainnya seperti makanan dan minuman. Sayangnya tidak banyak orang yang tahu, terutama anak-anak. Keterbatasan ini disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran mengenai hal tersebut. Tentu hal ini sangat disayangkan, karena sebenarnya anak-anak sangat tertarik pada alam disekitarnya sekaligus pada dunia kuliner. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu media pembelajaran mengenai kuliner dari pemanfaatan Mangrove untuk anak-anak yang tidak hanya disenangi tetapi juga berdampak bagi mereka. Salah satu media yang dapat menjawab persoalan ini adalah boardgame.

Keywords


Media interaktif, Permainan edukatif, Boardgame, Kuliner Mangrove, dan Anak-anak

Full Text:

PDF

References


Anna, Lusia Kus. “Pentingnya Bermain Bebas bagi Anak.” Kompas. 2013. 1 Maret. 2015.

“APE Anak Usia Sekolah.” Blog Perawat Kelas A. 2011. 1 Maret. 2015.

Arief, Arifin. Hutan Mangrove, Fungsi & Manfaatnya. Yogyakarta: Kanisius, 2003.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Bagus, Radian. “Kerucut Pengalaman (Cone of Experience) Edgar Dale.” Radian Blogs. 2014. 24 Februari. 2015.

Bell, Robert Charles. The Boardgame Book. London: Penguin Books, 1979.

“Efek Negatif Video Games.” Parenting. 2014. 17 Februari. 2015.

Endraswara, Suwardi. Metodologi Penelitian Folklore. Yogyakarta: MedPress, 2009.

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Hamalik, Oemar. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya, 1994.

“History of Boardgame.” Tech it Out UK. 2003. 26 Februari. 2015.

Ismail, Andang. Education Games. Yogyakarta: Pilar Media, 2006.

Kartono, Kartini. Psikologi Anak : Psikologi Perkembangan. Bandung: Mandar Maju, 1990.

“Makanan dan Fungsi Zat-Zat yang Penting bagi Kesehatan.” BimBie. 4 Maret. 2015.

“Manfaat Belajar dengan Bermain.” Penerbit Erlangga. 2013. 13 Februari. 2015.

“Manfaat Bermain Sambil Belajar.” Kompasiana. 2012. 13 Februari. 2015.

“Media Interaktif Berbasis Manusia dan Komputer Dalam Pendidikan.” Kompasiana. 2011. 26 Februari. 2015.

“Memahami Pengertian Kognitif Afektif Psikomotorik.” AnneAhira. 2013. 1 Maret. 2015.

Miarso, Yusuf Hadi. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana, 2004.

Mohson, Soni. Wawancara langsung. 8 Januari. 2015.

Mohson, Soni. Wawancara langsung. 6 Maret. 2015.

Saptarini, Dian, et al. Menjelajah Mangrove Surabaya. Surabaya: Pusat Studi Kelautan LPPM ITS, 2012.

Noor, Rusila, M. Khazali, dan I N.N. Suryadiputra. Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. Bogor: PHKA/WI-IP, 1999.

Pardede, Erika. “Mangrove untuk Mendukung Lingkungan Hidup, Keanekaragaman Hayati dan Ketahan Pangan.” Universitas HKBP Nommensen. 5 Maret 2015.

Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka, 1976.

Priyono, Aris, et al. Beragam Produk Olahan Berbahan Dasar Mangrove. Semarang: KeSEMaT, 2010.

Rusman, Deni Kurniawan, dan Cepi Riyana. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Santoso, Nyoto, et al. Resep Makanan Berbahan Baku Mangrove dan Pemanfaatan Nipah. Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Mangrove, 2005.

Scorviano, Mike. “Sejarah Board Game.” Tnol. 2010. 28 Februari. 2015. < http://www.tnol.co.id/games-jackmilyarder/board-game-history.html>

“SD.” Zenius. 2014. 17 Februari. 2015.

Soepartono. Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas, 2000.

Sumarwoto. “Hampir 40 Persen Hutan Mangrove Indonesia Rusak.” Antara News. 2014. 13 Februari. 2015. < http://www.antaranews.com/berita/ 453668/hampir-40-persen-hutan-mangrove-indonesia-rusak>

Supriyatna, Dadang. “Pengenalan Media Pembelajaran.” Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa. 2009. 25 Februari. 2015.

“Urgensi Media Pembelajaran.” Blog Pribadi Dr. Rusman, M.Pd. 24 Februari. 2015.

Wisana, Nelson Gustav. “Manfaat Board Game di Tengah Era Digital.” Indonesia Bermain. 2011. 28 Februari. 2015.

“Zat Makanan yang Diperlukan Tubuh.” Penerbit Erlangga. 2014. 4 Maret. 2015. < http://www.erlangga.co.id/sumber-belajar/96-teks/6965-zat-makanan-yang-diperlukan-tubuh-kelas-4.html>


Refbacks

  • There are currently no refbacks.