PERANCANGAN MEDIA DIGITAL INTERAKTIF SEBAGAI PENGENALAN CERITA RAKYAT INDONESIA UNTUK ANAK USIA 10-12 TAHUN

ANNE VERONICA(1*), BING BEDJO TANUDJAJA(2), DANIEL KURNIAWAN SALAMOON(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Cerita rakyat Indonesia merupakan cerita yang berasal dari tiap daerah yang sejak dulu diceritakan turun
temurun sebagai pembelajaran nilai moral dari orangtua kepada anak ataupun melalui buku cerita. Di era
teknologi yang semakin maju ini, anak-anak tidak lagi mengenal cerita rakyat. Anak-anak tidak bisa lepas dari
gadget terutama karena bermain game. Perancangan ini dibuat untuk memberi solusi pengenalan cerita rakyat
Indonesia kepada anak-anak melihat realita kurangnya minat membaca pada anak karena teknologi yang semakin
maju. Media penyampaian cerita rakyat diubah menjadi media digital interaktif berupa game. Perancangan ini
selain bertujuan menarik anak-anak untuk mengenal cerita rakyat juga diharapkan mampu membuat kebiasaan
anak-anak bermain game tidak lagi memiliki kesan negatif.

Keywords


Media interaktif, media digital interaktif, game, cerita rakyat Indonesia

Full Text:

PDF

References


Harsono, Johanes. (2013). “Perancangan board

game mahabarata”. (TA

No.00022254/DKV/2013). Unpublished

undergraduate thesis, Universitas Kristen

Petra, Surabaya.

Wulandari, Dewi. (2012). “Perancangan media

interaktif kumpulan dongeng rakyat yang

bertemakan hubungan anak dan orang tua”.

(TA No.00022133/DKV/2012). Unpublished

undergraduate thesis, Universitas Kristen

Petra, Surabaya.

Kurnia, Vicky Apriliany. (2014). “Perancangan

game interaktif bijaksana dalam berbelanja

bagi remaja Surabaya”. (TA

No:00022385/DKV/2014). Unpublished

undergraduate thesis, Universitas Kristen

Petra, Surabaya.

Gabelianata, Stevanny. (2012). “Perancangan video

game alter saga-just, justice, and

judgement”. (TA No.00022047/DKV/2012).

Unpublished undergraduate thesis,

Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Yudono, Jodhi. (2012, 15 Februari). Pakar :

Indonesia Miskin Bacaan Berbudaya.

Kompas.com.

Ang, Chee Siang dan Panayiotis Zaphiris. 2010.

"Social Roles of Player in MMORPG

Guilds." Information, Communication and

Society : 592-614.

Santrock, John W. “Perkembangan Anak”. Jakarta :

Erlangga, 2012.

Hawadi, Rani Akbar. “Psikologi Perkembangan

Anak”. Jakarta : Grasindo , 2002.

Andini, “Jurnal Pendidikan Anak, Volume 1, Edisi

”. Yogyakarta : UNY, Juni 2012.

Hoff, Erika. “Language Development”. United States

ofAmerica: Thomson Learning, 2005.

Papalia, Diane E.et.all. (2008). “Human

Development”. Jakarta : Kencana Prenada

Media Group.

Suwanda. (2011). “Desain Eksperimen, untuk

penelitian ilmiah”. Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.