PERANCANGAN DESAIN KEMASAN ALMOND CRISPY CHEESE MEREK “GOSYEN” SEBAGAI OLEH-OLEH KHAS SURABAYA

Steven Gunawan(1*), Maria Nala Damayanti(2), Jacky Cahyadi(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Gosyen adalah produsen roti dan kue di Surabaya yang berdiri sejak tahun 2003. Di tahun 2012 Gosyen
memutuskan untuk menciptakan produk baru dengan nama Almond Crispy Cheese untuk oleh-oleh khas Surabaya.
Kelemahan produk terletak pada positioning yang kurang tepat, baik itu segmen pasar yang dituju, maupun desain
kemasan yang dinilai kurang memiliki identitas. Mengingat di era pasar persaingan modern, sebuah produk
dituntut untuk dapat menjual produk mereka sendiri lewat identitas merek yang ditonjolkan, salah satunya kemasan.
Begitu pula dengan prinsip sustainable pada kemasan yang tidak boleh dilupakan. Oleh karena itu, penting untuk
melakukan perancangan desain kemasan Almond Crispy Cheese merek Gosyen yang didasarkan pada riset
pasar/konsumen, isu yang sedang berlangsung, hingga mempelajari kelemahan dari kemasan sebelumnya. Dari
keseluruhan data yang diolah, dibuatlah desain kemasan Almond Crispy Cheese merek Gosyen untuk memperkuat
positioning dan identitas produk sebagai oleh-oleh khas Surabaya, serta prinsip sustainable yang mendukung
keberlangsungan kemasan bagi lingkungan sekitar.

Keywords


Kemasan, Gosyen Almond Crispy Cheese, Positioning, Sustainable.

Full Text:

PDF

References


Amirullah. Perilaku Konsumen. Ed.I. Yogyakarta:

Graha Ilmu, 2002.

Cravens, David.W. Strategic Marketing, 3th edition.

New York: Richard D. Irwin,Inc., 1991.

Drew, John T. dan Sarah A. Mayer. Color

Management for Packaging. Switzerland:

Rotovision SA, 2008.

Kartajaya, Hermawan. Marketing Plus: Jalur Sukses

untuk Bisnis, Jalur Bisnis untuk Sukses. Jakarta:

Grasindo, 1999.

Klimchuk, Marianne R. Desain Kemasan:

Perencanaan Merek Produk yang Berhasil

Mulai dari Konsep sampai Penjualan. PT

Gramedia Pustaka Utama. Jakarta, 2001.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran: Analisis,

Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jilid 1

(Edisi Bahasa Indonesia dari Principles of

Marketing 9e). Jakarta: Penerbit PT Prenhalindo,

Kotler, Philip. 4P dan Packaging. Marketing 10.7

(Oktober 2007):36, 2007.

Laksana, Fajar. Manajemen Pemasaran: Pendekatan

Praktis. Yogyakarta : Graha Ilmu, 2008.

Rangkuti, Freddy. Analisa SWOT Teknik Membedah

Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Utama, 1999.

Rangkuti, Freddy. Strategi Promosi yang Kreatif

dan Analisis Kasus Integrated Marketing.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2009.

Shimp, Terence A. Periklanan Promosi dan Aspek

Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu.

Jakarta: Erlangga, 2003.

Sigit, Soehardi. Marketing Praktis. Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press, 1980.

Wirya, Iwan. Kemasan yang Menjual: Menang

Bersaing melalui Kemasan. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama, 1999.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.