Perancangan Buku Panduan Edukatif Untuk Orang Tua Dalam Membantu Pembelajaran Matematika Pada Anak Autis Usia 3-5 Tahun
(1) UK PETRA
(*) Corresponding Author
Abstract
pembelajaran untuk anak dengan autisme. Sedangkan untuk mendapat hasil maksimal, terapi sejak usia balita (3-
5 tahun) sangat penting untuk perkembangan anak dengan autisme. Salah satu pelajaran yang paling sulit dicerna
pada anak dengan autisme adalah matematika, karena sifatnya yang abstrak. Padahal matematika merupakan
ilmu penting untuk dipelajari, salah satunya untuk menghitung nilai uang dan waktu. Dengan adanya buku ini,
orang tua anak dengan autisme akan dipandu untuk memberi pembelajaran matematika dasar sejak dini pada
anak sejak usia balita dengan pendekatan terapi seni (art therapy). Buku ini berisi panduan lengkap step by step
untuk orang tua memberikan pembelajaran matematika dasar berupa pengenalan angka untuk anak dengan
autisme.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Acuan dari jurnal online:
Bentivegna, W. (1983). The use of art with an autistic
child in residential care. American Journal of Art
Therapy, 22, 51-56.
Betts, D.J. The art of art therapy: Drawing
individuals out in creative ways Advocate: Magazine
of the Autism Society of America, 26-27. 2005.
Emery, Melinda. "Art Therapy as an Intervention for
Autism." Art Therapy Journal of the American Art
Therapy Association, 143-147. 2004.
Acuan dari buku:
Abdurrahman, Mulyono. (1994) Pendidikan Bagi
Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Amin Suyitno. (2004). Belajar dan Pembelajaran.
Medan: FIS UNIMED.
Erman Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran
Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.
Estiningsih, Elly. (1994). Penggunaan Alat Peraga
dalam Pengajar Matematika SD. Yogyakarta: PPPG
Matematika.
Handojo, DR. Dr. Y. (2003). Autisme: Petunjuk
Praktis & Pedoman Materi Untuk Mengajar Anak
Normal, Autis & Prilaku Lain. Jakarta: Bhuana Ilmu
Populer.
Runtukahu, J. Tombokan. (1996). Pengajaran
Matematika Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta:
Depdikbud.
Ruseffendi. (1998). Pengantar Kepada Membantu
Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam
Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA.
Bandung : Tarsito.
Safaria, Trianto. (2005). Autisme: Pemahaman Baru
untuk Hidup Bermakna bagi Orang Tua. Yogyakarta:
Graha Ilmu.
Setyosari, Punaji, Sihkabuden. Media Pembelajaran.
Malang: Elang Press. 2005.
Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di
Indonesia: Konstatasi Masa Kini Menuju Harapan
Masa Depan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Stillman, William. (2009). Empowered Autism
Parenting. San Fransisco: Jossey-Bass.
Acuan dari forum, diskusi, berita online:
Anonim. (2013, Oktober 5). Masalah perkembangan
anak usia sekolah. Pesan disampaikan dalam
http://dewaeggix.blogspot.com/2013/01/masalahperkembangan-
anak-usia-sekolah.html.
Anonim. (2014, Desember 7). Anak dengan autisme
juga bisa belajar. Pesan disampaikan dalam
http://www.parenting.co.id/article/usia.sekolah/anak.a
utis.juga.bisa.belajar/001/004/93.
Anonim. (2014, Oktober 5). Ciri-ciri anak dengan
autisme. Pesan disampaikan dalam
http://cirianakautis.com/.
Anonim. (2014, Desember 7). Masalah apa saja yang
akan dihadapi oleh anak dengan autisme sesuai
dengan perkembangan usianya. Pesan disampaikan
dalam http://www.autismindonesia.org/index.php/78-
blog?start=15. 7 Desember 2014
Acuan dari tugas akhir, skripsi, tesis dan desertasi:
Novalina, Endang. (2012). Penggunaan Media Kartu
Lambang Bilangan Pada Pembelajaran Matematika
Anak dengan autisme Kelas I SDLB Di SLB Autisme
Dian Amanah Ngaglik Sleman Yogyakarta. Skripsi
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
Yogyakarta, Yogyakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.