Perancangan Permainan Papan Edukatif tentang Bahaya Jajan Sembarangan bagi Anak-anak Usia 6-12 Tahun
(1) UK PETRA
(*) Corresponding Author
Abstract
kesehatan bagi anak-anak usia 6-12 tahun. Media yang dipilih adalah media permainan papan edukatif karena
dapat mempermudah proses pembelajaran dan penyerapan informasi kepada anak-anak karena didukung oleh
suasana yang menyenangkan dan juga dapat memupuk rasa kebersamaan. Media menggunakan permainan papan
edukatif yang menarik dan interaktif sebagai media pembelajaran yang baru untuk anak-anak karena kebanyakan
anak tidak suka membaca buku pelajaran. Permainan ini disuguhi dengan gambar-gambar yang menarik agar
dapat menarik minat anak-anak yang merupakan target perancangannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
“A History of Board Games”. Astral Castle. 30
November 2003.
Adieb. “Manfaat Board Game di Tengah Era Digital”.
Indonesia Bermain. 24 Agustus 2001. 14 Maret
game-di-tengah-era-digital/>
“Anemia atau Kurang Darah”. Penyakit Anemia.
Ana, Nafita Antasari. Hubungan Antara Pengetahuan
Gizi Dengan Pemilihan Makanan Jajan Pada
Anak SD Kelas IV SDN Jati Sari Kec
Mijen Kota Semarang Tahun Ajaran
/2008. Skripsi SI UNNES. 2008
Andarwulan et all. Laporan Penelitian: Monitoring
dan Verifikasi Profil Keamanan Pangan
Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Nasional Tahun
Southeast Asian Food and Agricultural
Science and Technology (SEAFAST) Center
IPB dan Direktorat Surveilan dan Penyuluhan
Keamanan Pangan BPOM RI. Bogor. 2009.
Anita. Analisis keamanan pangan jajanan dan upaya
peningkatan mutunya. Skripsi. Fakultas
Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor.
Akbar, Reni. Hawadi. Psikologi Perkembangan Anak.
Jakarta: Grasindo. 2001
“Bahaya Makanan di Sekitar Kita”. Dokter Sehat. 29
Juli 2011.
jajanan-di-sekitar-kita/>
“Bahan Makanan Berbahaya di Jajanan Sekolah”.
a/bahan.makanan.berbahaya.di.jajanan.sekolah/
/006/832>
Gunarsa, Singgih. Psikologi Perkembangan Anak dan
Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia. 2008
Haryanto. “Pentingnya Media dalam Pembelajaran”.
Belajar Psikologi. 18 Desember 2011.
dalam-pembelajaran/>
Hasan, Maimunah. Pendidikan anak usia dini.
Jogjakarta: Diva Press. 2010
Hurlock, E. Psikologi Perkembangan Anak, jilid 2.
Jakarta. Erlangga. 2010.
Judarwanto, W. 2006. “Perilaku Makan Anak
Sekolah”.
Kummara. “German Style Board Game”. 28 April
27 Februari 2011.
“Ludo”. Anne Ahira.
“Mewaspadai Jajanan Berbahaya di Sekitar Sekolah”.
Kompasiana. 06 Oktober 2013.
/06/mewaspadai-jajanan-berbahaya-di-sekitarsekolah-
html>
Qonita, N. “Hubungan kontribusi energi dan protein
dari makanan jajanan dengan status gizi anak
SDN 30 Labui Banda Aceh.
”.
Ruslan, Rosady. Metode Penelitian Public Relation
dan Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo
Persada, 2006.
Setyosari, Punaji, Sihkabuden. Media Pembelajaran.
Malang: Elang Press. 2005
Singarimbun dan Effendi. Metode Penelitian Survei.
Jakarta: LP3ES.. 1995
Suswandari.Paradigma Pendidikan Sejarah dalam
Menghadapi Tantangan Masa Depan. Jakarta :
Cakrawala Pendidikan. 2010
Tampubolon, Nurmala Situmorang. “Dampak Karies
Gigi dan Penyakit Periodontal Terhadap
Kualitas Hidup”. USU Repository. 2006
Tedjasaputra, Mayke S. Bermain, Mainan, dan
Permainan. Jakarta: PT. Grasindo. 2001
“Warna-warna yang Pas untuk Anak”. EduPaint. 12
November 2014.
-warna-warna-yang-pas-untukanak.
html>
Zachri. ”Sejarah Board Game”. 3 Maret 2012. 14
Maret 2012.
-games/4-sejarah-board-game.html>
Refbacks
- There are currently no refbacks.