Perancangan Kemasan Cupcake

Wilson Gustomo(1*), I Nengah Sudika Negara(2), Hendro Aryanto(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Serein Cake & Co cupcake adalah home made cupcake Surabaya yang didirikan pada tahun 2014 oleh Lidya Joyce. Kelebihan Serein Cake & Co cupcake adalah menjual home made cupcake yang fresh , lembut, dan moist. Selama ini Serein Cake & Co cupcake melakukan promosi secara online, yaitu melalui Instagram dan dari mulut ke mulut. Sayangnya Serein Cake & Co mendapatkan kendala bahwa produk cupcake ini kemasannya kurang menarik untuk konsumen dan tidak dapat melindungi cupcake yang di produksi pada saat proses pengiriman akibatnya banyak cupcake yang hancur bentuknya pada saat proses pengiriman serta media pendukungnya pun kurang. Perancangan kemasan Serein Cake & Co cupcake ini digunakan untuk meningkatkan brand awareness masyarakat akan produk serta menyampaikan pesan komunikatif mengenai keunikan dan kelebihan produk Serein Cake & Co cupcake.

Keywords


Perancangan. Kemasan. Cupcake. Serein Cake & Co.

Full Text:

PDF

References


Adams, Sean. Master of Design: Logos and Identity.

Massachusetts : Rockport Publishers, Inc., 2008.

Cenadi, Christine Suharto. Peranan Desain Kemasan

Dalam Dunia Pemasaran, Nirmana Vol. 2, No. 1,

Januari 2000: 92 – 103.

Cotton, Bob. The New Guide to Graphic Design.

Phaidon, Oxford, 1990.

Denison Edward, Cawthray Richard. 1999. Packaging

Prototype. RotoVision SA.

Dr. Ir. Eko Nugroho, M.Si, Pengenalan Teori Warna,

Andi, Yogyakarta, 2008

Kartajaya, Hermawan. Marketing Plus 2000 Siasat

Memenangkan Persaingan Global. Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama, 1996.

Klimchuk, Marianne R., dan Sandra Krasovec. Desain

Kemasan Perancangan Merek Produk yang Berhasil

Mulai Dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta :

Erlangga, 2007.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran : Analisis,

Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Trans.

Budiman Mahendra. Jakarta : PT. Prenhallindo, 1998.

Rustan, Surianto. Mendesain Logo. Jakarta: PT. Gramedia, 2009.

Sanyoto, Sajiman Ebdi. Nirmana: Dasar-dasar Seni

dan Desain.Yogyakarta: Jalasutra, 2009.

Wirya, Iwan, 1999. Kemasan Yang Menjual, Jakarta:

PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.