Perancangan Board Game Untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Moral Pada Remaja

Daniel Limantara(1*), Heru Dwi Waluyanto(2), Asnar Zacky(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Di masa peralihan ini, remaja seringkali berlaku tidak baik di masyarakat atau mengalami penurunan moral. Keingintahuan remaja akan banyak hal membuat mereka menyerap, mempelajari dan meniru banyak hal, baik yang baik maupun yang tidak baik. Oleh karena itu diperlukan sebuah media informasi yang dapat membimbing remaja agar dapat berperilaku baik. Media board game dipilih dikarenakan sifat remaja yang masih suka bermain. Diharapkan dengan board game ini, nilai-nilai moral pada remaja dapat tumbuh dan mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.


Keywords


Board Game, moral, remaja.

Full Text:

PDF

References


Ligagame. Berapa Jumlah Pemain Game Online di Indonesia? Ini Datanya. 9 Februari 2015. .

Haryanto. (November,2011).Perkembangan Psikologis Remaja. 9 Februari 2015,

Haryanto (Maret, 2010).Pengertian Remaja Menurut Para Ahli. 6 Februari 2015, .

Hadiwardoyo, Purwa. (1990). Moral dan Masalahnya, Yogyakarta: Kanisisus.

Angkasa Yudhistira (Januari 2013). Pemerkosaan Massal Marak di Kalangan Pelajar. 18 Februari 2015,

Iqah Zamri II (Oktober,2013). Pengertian Permainan Menurut Beberapa Ahli. 6 Februari 2015,

Dita Rahayu (April, 2014). Makalah Krisis Moral Remaja pada Era Globalisasi. 9 Februari 2015,

Abdur Rozaki (Oktober, 2012). Bunuh Diri di Kalangan Anak dan Remaja Indonesia. 11 Desember 2014. < http://kyotoreview.org/bahasa-indonesia/bunuh-diri-di-kalangan-anak-dan-remaja-indonesia/>.

http://www.thefreedictionary.com/board+game


Refbacks

  • There are currently no refbacks.