PERANCANGAN BOARD GAME MENGENAI KEDUA BELAS SHIO DAN KARAKTERNYA

Gabrielle Oliviani, Heru Dwi Waluyanto, Asnar Zacky

Abstract


Shio merupakan salah satu bagian dari filsafat kuno di China dan merupakan tradisi yang sudah dianut oleh
masyarakat China sejak berabad-abad tahun yang lalu. Perancangan ini dilakukan untuk mengajak remaja di
Indonesia untuk mengapresiasi Shio sebagai bagian dari kebudayaan di Indonesia dengan board game sebagai
medianya. Informasi yang terdapat dalam board game mengenai shio membantu pemain untuk mengetahui shio
lebih dalam sehingga pemain dapat mempelajari shio dan karakter masing-masing binatang yang terdapat pada
shio tersebut.

Keywords


Board Game, Shio, Masyarakat Tionghoa

Full Text:

PDF

References


Anderson, J.R. Language, Memory, and Thought.

Hillsdale, NJ : Evlbaum

Aqib, Zainal. Profesionalisme Guru dalam

Pembelajaran.Surabaya : Insan

Cendekia, 2012

Brinzendine, Louann. The Female Brain. Jakarta :

Ufuk Press, 2006 Cambridge :

Harper & Row Publishers, New York.

Daryanto. Media Pembelajaran. Bandung : PT. Sarana

Tutorial Nurani Sejahtera,

Endonesa. “Media Interaktif”. Tanpa Tahun. Diakses

Februari 2015.

media-interaktif/>

Gemintang. “12 Shio-Karakter berdasarkan Zodiak

Binatang Cina”. 18 September

Diakses tanggal 8 oktober 2014

masa-depan/shio-cina/>

Hakim, Thursam. Tanpa Tahun. Belajar Secara

Efektif. Jakarta : Puspa Swara

Jenks, Chris. (2013), Culture Studi Kebudayaan,

Pustaka Belajar, Yogyakarta

Kamisa. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.

Surabaya : Penerbit Kartika

Kemp, J.E. and Dayton, D.K.1985. Planning and

Producing Instructional Media.

Cambridge : Harper & Row Publishers, New

York

Levie, W.H and Lentz, R. 1982. Effect of Text

Illustrations : a review of research.

Educational Communication and Technology

Journal

Prayudi. “Definisi Computer Game” Computer

Games Research Group. 2 Maret

Diakses tanggal 5 Januari 2015.

isi-computer-game/>

Provenzo, Austerie Baker., and Provenzo, Eugene F.,

Jr. Play it Again. New

Jersey : Prentice Hall, Inc., 1981.

Scorviano, Mike. “Sejarah Board Game”. 18 Maret

Diakses tanggal 26

Februari 2015.

board-game-history.html>

Suhu Bingo. 2014. Tahun Kambing Kayu 2015 :

Tahun Kambing Kayu Negatif

dengan Elemen Tetap Api. Surabaya : Bingo

Publisher

Tai, Sherman. 1997. Keberuntungan 12 Shio. Jakarta :

PT Elex Media

Komputindo

Thorn. 2006. Points to Consider when Evaluating

Interactive Multimedia.

der.html>

Diakses tanggal 6 Maret 2015

Wijaya, Budi. 2014. Mengungkap Rahasia Karakter

dan Keberuntungan

Hidup dengan Shio Astrologi Cina.

Yogyakarta : Notebook

Wisana, Nelson Gustav. “Mengapa Board Game?”.

Diakses 26 Februari

http://arulingame.blogspot.com/p/mengapa-boardgame.

html>


Refbacks

  • There are currently no refbacks.