PERANCANGAN VIDEO PROMOSI STREET FOOD SEMARANG UNTUK MENDUKUNG PARIWISATA DI KOTA SEMARANG.

Michael Harianto Putra(1*), Prayanto W. H(2), Hen Dian Yudani(3),


(1) UK PETRA
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Semarang adalah kota metropolis yang berkembang dengan banyak keajaiban alam dan sejarah yang patut untuk dijelajahi. Meskipun memiliki banyak potensi wisata, namun wisatawan yang berkunjung ke kota Semarang tidak sebanding dengan jumlah potensi wisata yang dimiliki. Untuk mengatasi permasalahan di sektor pariwisata pemerintah melakukan berbagai upaya, diantaranya adalah menambah jumlah potensi wisata. Padahal jumlah potensi wisata yang dimiliki kota Semarang sudah sangat banyak. Oleh karena itu, kota Semarang membutuhkan promosi lebih pada potensi wisata yang sudah dimiliki sekarang. Street Food Semarang merupakan salah satu potensi wisata yang mampu menarik wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Maka dari itu dibuatlah sebuah perancangan video promosi tentang Street Food Semarang yang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Semarang. Perancangan ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan 5W dan 1 H. Perancangan video promosi ini akan difokuskan di media online agar mudah diakses. Dengan dibuatnya video promosi ini maka para wisatawan dapat mengenal berbagai makanan khas dari kota Semarang khususnya makanan jalanan dan tertarik untuk mencoba.


Keywords


Perancangan, Video, Promosi, Iklan, Makanan Jalanan, Pariwisata, Kota Semarang, Jawa Tengah

Full Text:

PDF

References


Al-bahra, Ladjamuddin. Menikmati Kelezatan

Makanan Yogyakarta, Semarang, & Magelang. Jakarta : Gramedia Pustaka Utaman , 2008.

BPS Kota Semarang. Kota Semarang Dalam Angka

Kota Semarang: BPS Kota Semarang,

Budiman, Amen. Semarang Juwita : Semarang Tempoe Doeloe, Semarang Masa Kini Dalam Rekaman Kamera Jilid 1. Semarang, 1979.

Davidson, Alan. "The Oxford Companion to Food" (2nd Edition). United Kingdom: University of Oxford, 2006.

Dinas Pariwisata Kota Semarang. Laporan Kajian

Pengembangan Potensi Wisata Pariwisata Kota Semarang. Kota Semarang: Dinas Pariwisata Kota Semarang, 2014.

Effendy, Heru. Mari Membuat Film: Panduan Untuk Menjadi Produser. Yogyakarta : Yayasan Konfiden, 2004.

Hayward, Susan. Cinema Studies: The Key Concepts.

Psychology Press, Second Edition.London : Routledge, 2000.

Kotler, Philip. Manajemen pemasaran, Jilid 2. Jakarta: Prenhallindo, 2012.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. Dasar-Dasar

Pemasaran. Diterjemahkan oleh Alexander

Sindoro. Jakarta: PT. Indeks, 2003.

Pratista, Hermawan. Memahami Film. Yogyakarta : Homerian Pustaka, 2008.

Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerbitan Yogya.

Jurnalis Indonesia di 5 Kota. Yogyakarta : Penerbit Buku Kompas. 2006.

Liliweri, Alo. Gatra - Gatra Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2001.

M. Suyanto. Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta : CV Andi Offset, 2005.

Shimp, Terence . " Advertising Promotion and Other

Aspects of Integrated Marketing Communication " . United States : Cengage Learning, 2013.

Wahana Komputer. Video Editing dan Video

Production. Jakarta : Elex Media Komputindo, 2008.

Winarno, Bondan . "100 Best Street Food of

Indonesia". Jakarta : Penerbit Buku Kompas,

Zhao, Yong . " Research in technology and second language education : developments and directions ". Greenwich : IAP- Information Age, 2005.

“Pemkot Butuh Perda Rencana Induk Pariwisata” Jowo

News. 2014. 27 Desember 2014

“Potensi Wisata Semarang Belum Tergarap” Kompas.

2 Mei 2009.

/07551761/Potensi.Wisata.Semarang.Belum. Tergarap>

“What is the difference between a Promotional, Corporate,

Training and Wedding video?” Richard Stewart.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.