PERANCANGAN BOARD GAME MENGENAI BAHAYA RADIASI GADGET TERHADAP ANAK

Vincent Jonathan Sugianto, Prayanto WH, Hen Dian Yudani

Abstract


Perancangan media interaktif ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak
mengenai bahaya radiasi dari Gadget. Dewasa ini, penggunaan gadget atau smartphone tidak bisa
dihindari lagi, dan salah satu hal yang sering diabaikan ialah pengaruh negatif dari radiasi gadget
itu sendiri terhadap tubuh penggunanya, apalagi bagi anak-anak. Hal ini disebabkan karena
kurangnya pengawasan dari orang tua atau pembimbing anak. Metode penelitian yang digunakan
ialah dengan mengadakan survey beserta wawancara guna mendapatkan data yang relevan untuk
dianalisis. Diharapkan dengan adanya perancangan media interaktif berupa board game ini dapat
memberikan pengertian mengenai bahaya radiasi gadget terhadap anak-anak.


Keywords


media interaktif, radiasi gadget, board game, anak

Full Text:

PDF

References


"Bahaya Radiasi Gadget." (2014). Diakses

tanggal 2 Februari 2015 dari

http://www.forum.kompas.com/bahayaradiasi-

gadget

Brendan, Cleg. (2006). Interactive Solution

for Kids, Special Edition. London :

Whitehall Active Library.

Helms, D.B. dan Turner, J.S. (1987).

Human Development, Fifth Edition. New

York: McGraw-Hill.

Jones, E.R dan Chiulders, R.L. (1994).

Contemporary Collage Physics, Second

Edition. New York: Addison Wesley

Longman.

Jordan, Edward C. (1968). Electromagnetic

waves and radiating systems 2nd ed.

New Delhi : Prentice-Hall.

Kartono, Kartini. (1986.). Perkembangan

Psikologis Anak. Jakarta: Balai Pustaka.

Marion, Jerry B. (1965). Classical

electromagnetic radiation. New York :

State University of New York.

Nielsen, Jakob. "Mobil Usability Update."

(2011). Diakses tanggal 11 Februari 2015

dari http://www.useit.com/alertbox/mobileusability.

html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.