Pengaruh Sampul Depan Novel Teenlit Terhadap Minat Beli Masyarakat

Goey Stefany Gunawan, Andrian Dektisa Hagijanto, Ryan Pratama

Abstract


Jaman sekarang  semua buku memiliki sampul depan, oleh karenanya harus diupayakan agar bagus dan menarik. Demikian pula dengan sampul depan novel kategori Teenlit, khususnya pada pengaruhnya dengan minat beli masyarakatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh sampul depan novel dengan kategori teenlit terhadap minat beli masyarakat di Surabaya. Diharapkan dari penelitian ini dapat menjadi masukkan kepada para desainer dalam membuat sampul depan novel yang tepat untuk target audience di Surabaya. Dari hasil analisa maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sampul depan novel teenlit yang elemen desainnya dielaborasikan sedemikian rupa dapat mempengaruhi minat beli masyarakat. Sampul depan novel teenlit tidak hanya sekedar  alat pembungkus,  melainkan sebagai alat komunikasi pertama pada konsumen. Oleh karenanya penggunakan elemen-elemen desain seperti warna, tipografi, tekstur dan layout  sangat mutlak diperlukan.

 


Keywords


Sampul depan, Novel, Teenlit, Minat beli

Full Text:

PDF

References


Acuff, Daniel, David Bonner, Jim Gilmartin, and Dave Siegel. (2009). Market Smart. New York: Collins Design.

“Book Cover”. Oxford Dictionary of English. 3rd ed. (2010)United Kingdon: Oxford University Press.

Carter, Rob, Ben Day, and Philip Meggs. (2006). Typographic Design :Form and Communication. 4th ed. New Jersey: John Wiley & Sons, INC,.

Danger, E.P., (1992). Memilih Warna Kemasan. Jakarta : PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Depdikbud. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Design Museum. (2010). How To Design a Typeface. London: Conran Oincctopus.

Eiseman, Leatrice. (2000). Pantone Guide to Communication with Color. Ohio : Grafix Press Ltd.

Engel, James F, et al. (1994) Perilaku Konsumen Jilid 1. Jakarta:Binarupa Aksara.

Ferrinadewi, Erna dan Didit Darmawan. (2004). Analisis Model Keputusan. Yogyakarta: penerbitan Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Fiske, John. (1989). Reading the Popular. New York: Unwin Hyman.

Indonesia. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Penelitian Kuantitatif : Langkah demi Langkah. Bogor : Husein Umar.

Irwanto, et al. (1989). Psikologi Umum. Jakarta: Gramedia.

Keller, Kevin Lane. (2003). Strategic Brand Management: building, measuring, and managing brand equity. New Jersey: Pearson Education.

Kerlinger, Fred N. (1996). Asas-asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mac Graphic. (2014). How to Make a Book Cover Design that Flies Off the Shelf!. Retrieved March 19, 2014, from http://www.macgraphics.net/book-cover-design-tips.php

Powers, Allan. (2001). Front Cover: Great Book Jacket and Cover Design. Inggris: Octopus Publishing Group.

Prawira, Dra. Sulasmi Darma. (1989). Warna Sebagai Salah Satu Unsur Seni dan Desain. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sarwono, Sarlito W. (1989). Psikologi Remaja. Jakarta:Rajawali.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Redyanto. (8 Januari 2014). Si Doktor Teenlit & Chicklit dari UGM. www.kompas.web.id, par. 3-4.

Haryanto. (November 2011). (Retrieved March 24, 2014). Perkembangan Psikologi Remaja. from http://belajarpsikologi.com/perkembangan-psikologis-remaja/

Archaway Publishing. (November, 2013). (Retrieved March 19,2014). 4 Key Elements of a Killer Book Cover Design. from : http://www.youtube.com/watch?v=ytpuNyE15gE

Sanyoto, Sadjiman Ebdi. (2009). Nirmana: Elemen-Elemen Seni dan Desain. Edisi Kedua. Yogyakarta: Jalasutra.

Susanti, Rini. (2007). “Fungsi Teori Dalam Penelitian Kuantitaif”. Atma Jaya U.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.