Perancangan Rebranding Bakpia “Balong” Sumber Rejeki Solo

Irma Setyawati Wibowo(1*), Bambang Mardiono Soewito(2),


(1) UK PETA
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Bakpia Balong adalah satu-satunya toko di kota Solo yang menjual bakpia. Makanan peranakan dari Tiongkok ini sudah menjadi kue camilan turun temurun dari orang tua sehingga sangat disayangkan jika makanan ini menjadi camilan yang terlupakan dan hanya diketahui sebagian orang saja di kota Solo. Maka dari itu brand awareness perlu ditingkatkan dengan membawa image local content dari kebudayaan setempat.Maka rebranding perlu dilakukan agar brand dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat Solo dan juga dapat menjadikan Bakpia Balong sebagai makanan camilan ataupun oleh-oleh khas Solo.Perancangan ini mengutak-utik brand image dan masih menggunakan beberapa elemen dari logo yang lama agar masyarakat tetap dapat mengenali akan wajah logo yang baru. 


Keywords


Makanan, Budaya, Rebranding, Bakpia, dan Solo

Full Text:

PDF

References


Ambrose, Gavin. (2006). The Visual Dictionary of Graphic Design.Singapore: AVA Book Publishing.

Brand Glossary. (2001). Brandchannel.Diunduh 1 Februari 2014 dari http://www.brandchannel.com/education_glossary.asp

Bromokusumo, Aji ‘Chen’. (2013).Peranakan Tionghoa dalam Kuliner Nusantara. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Chunjiang, Fu. (2012).Asal Mula Simbol-Simbol Keberuntungan Tiongkok.Trans. Dewi. Jakarta: Elex Media Kumputindo.

Kamus Besar Bahasa Indonesia.(1996). Jakarta: Balai Pustaka.

Kartajaya, Hermawan, et al. (2005).Positioning, Diferensiasi, dan Brand. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kasilo, Djito. (2008).Komunikasi Cinta: Menembus G-Spot Konusumen Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Lip, Evelyn.(1996). Desain dan Feng Shui Logo, Merek Dagang dan Signboards.Trans. Sindhi Diah Savira. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kotler, Philip. (1997).Dasar-Dasar Pemasaran.Jilid 1. Trans. Alexander Sindoro. Jakarta: Prenhallindo.

Nasution, S.(2002).Metode Research.Jakarta: Bumi Aksara.

Nazir, Mohammad. (2003).Metode Penelitian.Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pia. (2013).Dapur Cempaka. 2013. Diunduh 2 Februari 2014 dari http://www.dapurcempaka.com/2013/10/pia.html

Rangkuti, Freddy. (2004).The Power of Brands.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Upshaw, Lynn B., (1995).Building Brand Identity. Canada: John Wiley&Sons,Inc.

Wiryawan, Mendiola B. (2008).Kamus Brand. Jakarta: Red & White Publishing.

Wheeler, Alina. (2009).Designing Brand Identity.Canada: John Wiley & Sons.Inc.

Vaid, Helen. (2003).Branding. United Kingdom: Cassell Illustrated.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.